Kronologi Ayah Emil Dardak Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan di Tol

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 20 Agu 2022 09:38 WIB
Hermanto Dardak meninggal dunia akibat kecelakaan di tol Pemalang Batang, Sabtu (20/8). Mobil yang ditumpangi menabrak truk dan ringsek. Ilustrasi kecelakaan mobil. Hermanto Dardak meninggal dunia akibat kecelakaan di tol Pemalang Batang, Sabtu (20/8). Mobil yang ditumpangi menabrak truk dan ringsek. Foto: Istockphoto/razerbird
Jakarta, CNN Indonesia --

Ayah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak, meninggal dunia akibat kecelakaan di tol pada Sabtu (20/8).

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudusy mengonfirmasi hal tersebut dan mengungkapkan kecelakaan yang menewaskan Hermanto Dardak terjadi di KM 341+400 ruas Tol Pemalang Batang.

"Terjadi kecelakaan 33K Tabrak Belakang di KM 341+400 B terjadi pada pagi hari saat cuaca cerah dengan kondisi arus lalu lintas landai alinyemen menikung kanan dan mendatar," kata Iqbal Alqudusy dalam keterangan resmi, Sabtu (20/8).

Kecelaan tersebut melibatkan dua kendaraan, yakni satu mobil Innova yang ditumpangi Hermanto Dardak dan dikendarai Angga Saputra. Kendaraan lainnya adalah truk Hino yang dikendarai Siswoyo.

Mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak, kata Iqbal, melaju dengan di lajur 2 dengan kecepatan 100 Km per jam yang kemudian menabrak truk di depannya.

"Sesampainya di TKP pengemudi KR Innova mengalami mengantuk sehingga menabrak bagian belakang KR Truk Hino yang berada di depannya," keterangan Iqbal.

"Posisi akhir KR Innova berada diantara di lajur 2 dan lajur 1 berdiri normal menghadap ke selatan mengalami kerusakan berat dibagian depan dan samping kiri."

Dalam akhir keterangannya, Iqbal menegaskan konddisi jalan dalam kondisi baik dan kecelakaan disebabkan pengemudi mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak dalam kondisi mengantuk.

"Dari kejadian tersebut secara teknis kondisi jalan baik tidak terdapat kerusakan (lubang/ratting) kecelakaan karena pengemudi KR Innova mengalami mengantuk."

Setelah kejadian itu, Hermanto Dardak dan pengemudi sama-sama dibawa ke RSU Aro, Jawa Tengah. Pengemudi atas nama Angga Saputrad itu disebut mengalami luka dan mendapatkan perawatan jalan.

Sebelumnya, Emil Dardak juga mengonfirmasi langsung kabar duka sang ayah. Ia mengunggah foto Hermanto Dardak dan menuliskan pesan perpisahan.

"Farewell my lifelong inspiration. I'm so proud to have you as my father. (Selamat tinggal inspirasi hidupku. Saya sangat bangga memilikimu sebagai ayah)," tulis Emil di Instagram Story, Sabtu (20/8).

Achmad Hermanto Dardak merupakan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia periode 2015-2018. Ia juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah periode 2014−2016 dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010−2014.

(chri/chri)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER