Kemenkes Datangkan 2000 Dosis Vaksin Cacar Monyet Akhir Tahun Ini

CNN Indonesia
Kamis, 15 Sep 2022 14:24 WIB
Kemenkes telah membeli 2000 dosis vaksin cacar monyet (Monkeypox) dari Denmark, Bavarian Nordic. Vaksin tersebut diharapkan datang pada akhir tahun ini. Kemenkes telah membeli 2000 dosis vaksin cacar monyet (Monkeypox) dari Denmark, Bavarian Nordic. Vaksin tersebut diharapkan datang pada akhir tahun ini. (iStockphoto/anilakkus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membeli 2000 dosis vaksin cacar monyet (Monkeypox) dari Denmark, Bavarian Nordic. Vaksin tersebut diharapkan datang pada akhir tahun ini.

"Kita memesan sekitar 2000 dosis, kita sudah kontrak dalam waktu dekat (akan datang), kita harapkan akhir tahun ini," kata Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Rizka Andalucia di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Kamis (15/9).

Menteri Kesehatan Budi Guna Sadikin juga menjelaskan nantinya vaksin itu akan diperuntukkan bagi kelompok yang berisiko tinggi.

"Sebentar lagi akan datang tapi itu sangat terbatas kita berikan ke orang-orang yang berisiko," tegas Menkes.

Kelompok dengan risiko tinggi yang dimaksud ini adalah orang dengan gangguan imunitas. Ia juga menyebut akan kembali melihat populasi orang-orang yang memerlukan vaksinasi ini.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah memasang target alokasi sekitar 10 ribu vaksin cacar monyet diperuntukkan bagi penyintas, kontak erat pasien, hingga warga yang memiliki risiko tinggi terpapar cacar monyet.

"Kita lagi penjajakan. Kalau memang nanti ternyata berkembang kita sudah menyiapkan itu. Tahap persiapannya ada dua ya, satu harus melalui kajian ITAGI, kita tidak boleh tau-tau vaksin. Yang kedua rekomendasi dari BPOM," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril di Gedung Dr R Soeharto, Jakarta Pusat, Selasa (30/8).

Syahril mengakui pengadaan vaksin cacar monyet terbatas lantaran merujuk tingkat penularan cacar monyet. Menurutnya, penyakit ini bukan penyakit dengan tingkat penularan tinggi seperti virus corona (Covid-19).

Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini juga belum mengeluarkan rekomendasi vaksinasi massal seperti vaksinasi untuk meminimalisir penularan virus corona (Covid-19). Namun, sudah ada dua negara yang melakukan vaksinasi cacar monyet kepada warganya.

(cfd/isn)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER