KPK Periksa Zumi Zola Terkait Kasus Dugaan Suap RAPBD Jambi 2017-2018

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 12:30 WIB
KPK memanggil mantan Gubernur Jambi Zumi Zola untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap terkait pembahasan RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2017-2018. Gubernur Jambi Zumi Zola memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta 5 Januari 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Gubernur Jambi periode 2016-2021 Zumi Zola untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi Tahun Anggaran (TA) 2017-2018.

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor KPK atas nama Zumi Zola," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui pesan tertulis, Selasa (27/9).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 28 orang sebagai tersangka. Namun,Ali enggan mengungkap identitas para tersangka dimaksud.

Ia menjelaskan KPK akan menyampaikan hal tersebut berikut kronologi kasus dan sangkaan pasal ke publik bersamaan dengan upaya paksa penangkapan ataupun penahanan.

Kasus yang sedang diusut ini merupakan pengembangan dari perkara yang menjerat Zumi Zola. Mantan Gubernur Jambi itu kini telah dinyatakan bebas bersyarat.

Adapun kasus dugaan suap pengesahan RAPBDJambi ini diawali dengan kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada 28 November 2017 lalu.

KPK mengungkapkan bahwa praktik uang 'ketok palu' tidak hanya terjadi untuk pengesahan RAPBD TA 2018 saja, namun juga terjadi sejak pengesahan RAPBD 2017.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan 18 tersangka dan telah diproses hingga persidangan. Beberapa pihak yang diproses hukum terdiri dari mantan Gubernur Jambi Zumi Zola, pimpinan DPRD Jambi, pimpinan Fraksi DPRD Jambi, dan pihak swasta.

(ryn/pmg)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER