KSP Tuding Demo Mahasiswa soal Harga BBM Bela Orang Kaya

CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 14:08 WIB
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyebut demonstrasi mahasiswa menolak kenaikan harga BBM membela kepentingan orang kaya. Moeldoko tuding demo tolak BBM mahasiswa bela kepentingan orang kaya. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyebut demonstrasi mahasiswa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membela kepentingan orang kaya.

Moeldoko berkata 80 persen subsidi BBM selama ini dinikmati orang kaya. Dengan demikian, ia menilai demonstrasi menolak kenaikan harga BBM membela kepentingan orang kaya.

"Kalian turun ke jalan, kalian berkeringat, berdarah-darah, yang kalian perjuangkan juga orang kaya karena subsidi itu ternyata banyak dinikmati oleh orang kaya," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (29/9).

Moeldoko menilai masyarakat secara umum tak masalah dengan kenaikan harga BBM. Menurutnya, demonstrasi hanya terjadi di beberapa kota.

Dia menyebut sebagian besar masyarakat memahami kebijakan pemerintah mengenai BBM. Dia berkata masyarakat paham kondisi global yang sedang tidak baik-baik saja.

"Masyarakat juga bisa menerima dengan baik. Saya tidak melihat bahwa ada sebuah situasi yang kritis di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, mahasiswa menggelar sejumlah aksi unjuk rasa di berbagai daerah menolak kenaikan harga BBM. Sejumlah kelompok masyarakat, seperti buruh dan ojek online, ikut menggelar aksi serupa.

Demonstrasi juga digelar sejumlah kelompok mahasiswa di Jakarta. Aksi dipusatkan di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

(dhf/DAL)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER