Moeldoko Enggan Komentari Tim Bayangan Nadiem: Saya Juga Melakukan

CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 15:58 WIB
Kepala Staf Presiden Moeldoko mengaku juga memiliki tim bayangan seperti Mendikbudristek Nadiem Makarim. Kepala Staf Presiden Moeldoko mengaku juga memiliki tim bayangan seperti Mendikbudristek Nadiem Makarim. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengaku juga memiliki tim bayangan seperti Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Moeldoko berkata tim itu terdiri dari tenaga profesional. Mereka bertugas membantu pekerjaan yang tidak tertangani oleh tenaga pemerintahan.

"Itu (tim bayangan Nadiem) saya tidak komentari karena saya juga melakukan. Kenapa itu dilakukan? Karena saya melihat ada sebuah kapasitas ekstra yang perlu diberikan kepada orang lain," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (29/9).

Moeldoko berkata tim bayangan KSP biasanya bekerja dalam jangka waktu pendek. Misalnya, tim khusus penyusun laporan akhir tahun.

Pada saat yang sama, tenaga pemerintahan di KSP tetap bekerja. Mereka menangani pekerjaan rutin yang menjadi tanggung jawab KSP.

Moeldoko juga menjawab isu sejumlah tenaga KSP direkrut dalam tim bayangan Nadiem. Dia tak menjawab gamblang, tetapi mengapresiasi kualitas anak-anak buahnya.

"Kalau saya boleh merespons, saya justru bangga anak-anak alumni di KSP bisa berkiprah di sektor lain," ujarnya.

Sebelumnya, tim bayangan Kemendikbudristek menjadi sorotan publik. Nadiem Makarim mengungkap tim bayangan itu dalam sebuah forum internasional.

Tim bayangan itu juga menjadi sorotan anggota dewan. Anggota DPR Fraksi Demokrat Anita Jacoba Gah mempertanyakan kinerja tim tersebut di saat permasalahan bidang pendidikan masih banyak saat ini.

"Orang luar negeri mungkin tepuk tangan karena merasa hebat, tapi tidak bagi kami, khususnya anggota DPR RI, apalagi kami yang turun ke bawah. Kami lihat air mata rakyat masih ada," ucap Anita pada rapat bersama DPR Komisi X, Jakarta, Senin (27/9).

(dhf/pmg)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER