Temuan Awal TGIPF Kanjuruhan: Dari Faktor Stadion hingga Pengamanan

CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 16:48 WIB
Mahfud MD menjanjikan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) akan mencari akar utama permasalahan dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. Mahfud MD menjanjikan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) akan mencari akar utama permasalahan dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan faktor stadion hingga pengendalian keamanan jadi temuan awal penyebab terjadinya tragedi tewasnya ratusan suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan.

"Pada temuan awal, stadion termasuk faktor yang dicatat turut menjadi penyebab tragedi itu. Faktor-faktor lainnya adalah penyelenggara dan panpel, pengendalian keamanan, suporter, regulasi dan lain-lain," kata Mahfud dalam keterangannya, Kamis (6/10).

Mahfud menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta agar persoalan infrastruktur stadion di seluruh Indonesia segera diperbaiki. Hal itu semata agar seluruh stadion di Indonesia memenuhi standarisasi keamanan.

"Presiden sudah meminta Menteri PUPR utk segera meneliti dan memperbaiki semua stadion di Indonesia agar memenuhi standar yang diatur secara internasional maupun nasional," ucapnya.

Selain itu, Mahfud menjanjikan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) akan mencari akar utama permasalahan dari tragedi ini. Baginya, tragedi sudah sering terjadi di dunia sepak bola Indonesia. Tetapi, investigasinya hanya ditekankan pada teknis penyelenggaraan.

"Sementara akar masalahnya tak tertangani. Ini menjadi pukulan bagi kita karena bukan hanya menjadi masalah nasional tapi juga menjadi sorotan dunia internasional," kata dia.

Sebagai informasi, pemerintah telah membentuk TGIPF untuk mengusut tragedi tersebut yang dipimpin oleh Mahfud. Preside Jokowi juga telah meminta Mahfud MD beserta jajarannya untuk mengungkap Tragedi Kanjuruhan lebih cepat.

(rzr/ain)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER