Relawan: Ada Upaya Menghambat Pergerakan Anies Baswedan di Daerah

CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 17:46 WIB
Kelompok relawan Anies Baswedan yang tergabung di Konfederasi Nasional Relawan Anies mencurigai upaya penjegalan jagoan mereka sebagai capres di beberapa daerah Anies Baswedan dikerubungi lautan massa saat perpisahan jabatan gubernur DKI beberapa waktu lalu.Foto: (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelompok relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) mencurigai upaya penjegalan jagoan mereka sebagai capres 2024 di beberapa daerah.

Ketua Umum KoReAn, Muhammad Ramli Rahim menyebut upaya penjegalan itu terutama dilakukan lewat sejumlah pencabutan izin acara silaturahmi Anies di Aceh dan Jawa Barat beberapa waktu terakhir.

"Lain alasan di Aceh, lain pula di Riau tapi tampaknya ini serupa tapi tak sama. Kami relawan menangkap, ada upaya menghambat pergerakan Anies Baswedan di daerah," kata Ramli kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/12).

Menurut dia, para pihak yang tengah berupaya menjegal Anies tak belajar dari sejarah. Sebab, upaya tersebut pada akhirnya justru memberi keuntungan bagi Anies.

Soal Formula E, misalnya kata Ramli, sempat dilarang digelar di Monas. Namun gelaran balap mobil listrik itu justru mendapat lokasi lebih baik di Ancol, Jakarta Utara.

"Tampaknya ada pihak-pihak tertentu yang memang selalu panik dengan keinginan masyarakat terkait dukungan terhadap Anies Baswedan," ucap Ramli.

Ramli mengatakan Anies kini juga banyak menerima undangan silaturahmi di berbagai daerah. Padahal, sejumlah pihak sebelumnya menyebut Anies akan kesulitan mencari panggung usai berhenti sebagai gubernur.

"Anies Baswedan bahkan kesulitan memenuhi undangan dari berbagai daerah di Indonesia. Dan dalam setiap kehadirannya di daerah, Anies Baswedan selalu disambut luar biasa," katanya.

NasDem sebelumnya mengumumkan bahwa izin penggunaan Taman Ratu Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh sebagai lokasi silaturahmi Anies dengan relawan secara mendadak dicabut oleh pemerintah daerah setempat.

Anies dijadwalkan bertemu para simpatisan dan relawan lewat acara jalan sehat dan panggung silaturahmi pada Sabtu (3/12) mendatang.



Namun, izin kegiatan di lokasi itu dicabut oleh pemerintah setempat. Pencabutan izin lokasi acara Anies juga sempat terjadi di Ciamis dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal mengatakan pencabutan izin dilakukan karena taman tersebut tengah dalam proses renovasi.

"Lokasi yang ditujukan sedang tahap rehabilitasi dan perawatan. Oleh sebab itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," ujar Almuniza dalam keterangannya.

(thr/gil)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER