PKB-Gerindra Akan Bentuk Sekber Hingga Tingkat Daerah

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 05:30 WIB
Koalisi PKB dan Gerindra tidak hanya membentuk sekretariat bersama (sekber) di Jakarta, tetapi juga di berbagai daerah jelang Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono mengatakan Sekber dengan PKB bakal dibentuk di berbagai daerah (Tangkapan layar instagram @budidjiwandono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Koalisi PKB dan Gerindra bakal membentuk sekretariat bersama (Sekber) hingga ke tingkat daerah usai resmi membentuk sekber di tingkat pusat guna menghadapi Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono mengatakan bahwa sekber koalisi partainya dengan PKB akan menjadi wadah penyamaan platform pandangan dan program kedua partai menghadapi Pemilu 2024.

"Sekber ini adalah langkah konkrit dari Gerindra dan PKB untuk saling menguatkan dan membesarkan dalam menatap pemilu 2024, dan merupakan rangkaian pertama dari sekber-sekber lain yang akan dibentuk di seluruh penjuru nusantara," kata Budi dalam keterangannya, Selasa (24/1).

Budi berkata pembentukan sekber merupakan komitmen antara PKB dan Gerindra yang telah mengumumkan koalisi sejak pertengahan 2022 lalu.

Di samping itu, makna sekber juga menunjukkan bahwa kedudukan kedua partai sejajar dalam koalisi. Budi bilang sekber akan melibatkan kader kedua partai dari pusat hingga daerah.

"Sekber ini bukan hanya menjadi wadah untuk pemenangan pemilu 2024, tetapi juga sebagai platform perjuangan bersama untuk menggabungkan pandangan," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut bahwa Sekber menunjukkan bahwa koalisi partainya dengan PKB kian solid.

Di sisi lain, Fadli menegaskan bahwa pihaknya tak menutup pintu jika ada partai lain yang hendak bergabung. Namun, dia enggan mengungkap soal kabar partai lain yang akan bergabung.

"Saya kira iya, pada waktunya. Tentu atas kesepakatan bersama saya kira itu. Kan semakin banyak dukungan kan semakin bagus," katanya.

Peresmian Sekber Gerindra PKB-Gerindra diresmikan Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum kedua partai pada Senin (23/1). Lokasinya berada di Jalan Ki Mangunsarkoro Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat atau berdekatan dengan kediaman dinas Wakil Presiden.

(thr/bmw)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER