Hamilton di Ambang Pemecahan Rekor 45 Tahun

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Sabtu, 20/06/2015 19:17 WIB
Hamilton di Ambang Pemecahan Rekor 45 Tahun Lewis Hamilton mengaku tak bisa mengejar rekor tujuh kali juara dunia Michael Schumacher. Ia hanya berambisi bisa menyaingi rekor Ayrton Senna yang telah tiga kali menjadi juara dunia. (REUTERS/Chris Wattie)
Spielberg, CNN Indonesia -- Pebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton di Ambang pemecahan rekor formula satu (F1) yang bertahan selama 45 tahun di Austria pada akhir pekan ini.

Juara dunia 2014 itu saat ini setidaknya sudah memimpin setidaknya satu lap dari 16 balap terakhir. Dan, pada balap akhir pekan nanti di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Hamilton berpeluang menyamai rekor 17 balap berturut-turut.

Rekor itu sebelumnya dipegang Jackie Stewart yang dibuatnya pada 1968 dan 1970. Hamilton mengatakan dirinya beruntung bisa bekerja dengan orang-orang hebat yang mampu membantu mewujudkan pemecahan rekor tersebut.


Namun, dibandingkan rekor, ada hal lain yang diharapkan betul Hamilton.

"Saya hanya ingin memenangkan kejuaraan (F1). Saya ingin menjadi juara berikutnya. Itulah yang paling saya harapkan, bukan rekor lain," kata Hamilton seperti dikutip Reuters.

"Tak penting jumlah kemenangan yang kamu dapat, pole position atau lap tercepat atau juga jumlah finish di podium. Yang penting adalah memenangkan kejuaraan dunia.

Setelah Stewart, Hamilton adalah pebalap Inggris yang paling sukses dalam torehan meraih pole dan menang balap. Ia telah mencatat 37 kemenangan dan 44 pole positons.

Di Kanada dua pekan lalu, Hamilton telah melewati rekor memimpin lap milik juara dunia 1992 asal Inggris Nigel Mansell.

Di satu sisi, Hamilton kini masih jauh untuk melampaui mantan pebalap Ferrari Michael Schumacher yang telah menjuarai F1 sebanyak tujuh kali dengan rekor memenangkan 91 seri GP.

"Michael adalah seorang legenda dan dia pernah di olahraga ini dan sukses untuk masa yang lama, lama. Bagi saya, saya tidak tahu berapa tahun lagi saya akan bisa mencapainya," kata Hamilton tentang Schumacher. "Olahraga ini selalu berubah dan Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mengalami suatu tahun yang sulit."

Hamilton tahun lalu sudah mendapatkan titel juar adunia yang kedua. Titel juara dunia pertama kali didapatnya bersama tim McLaren pada 2008 silam. Pria berusia 30 tahun itu mengakui dirinya merasa setiap tahun bisa menjadi juara dunia. Namun, tak setiap tahun ternyata prestasinya sesuai yang diharapkan.

Lantas, apakah Hamilton akan menargetkan untuk memecahkan rekor Schumacher dengan tujuh titel juara dunia?

"Saya tidak pernah memasang tujuan tersebut. Saya hanya selalu ingin menyamai (rekor tiga kali juara dunia) Ayrton (Senna), melakukan hal yang sama yang sudah dilakukannnya, dan itulah dimana saya masih fokus," ujar Hamilton. (kid/kid)