LIVE: Manchester United vs Liverpool

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 13/09/2015 01:21 WIB
LIVE: Manchester United vs Liverpool Duel Manchester United vs Liverpool di Old Trafford.
Jakarta, CNN Indonesia -- Selamat Malam,

Kali ini CNN Indonesia akan melaporkan jalannya pertandingan antara Manchester United lawan Liverpool.

Bersama saya, Putra Permata Tegar Idaman, akan memandu anda langsung dari kantor redaksi CNN Indonesia.


Pada pertandingan ini, Manchester United untuk pertama kalinya menurunkan David de Gea di posisi penjaga gawang setelah sebelumnya ia sempat nyaris bergabung dengan Real Madrid.

Michael Carrick yang sempat diragukan kebugarannya pun akhirnya dipasang menjadi starter oleh Louis Van Gaal. Sedikit kejutan, Marouane Fellaini dipasang sebagai ujung tombak karena Wayne Rooney ternyata mengalami cedera hamstring di saat terakhir.

Di kubu Liverpool, trio Emre Can-Lucas Leiva-James Milner dipercaya untuk menjadi motor lini tengah Liverpool setelah mereka dihantam badai cedera yang menerpa sejumlah pemain seperti Joe Allen, Jordan Henderson, dan Adam Lallana.

Berikut formasi kedua tim:

Manchester United (4-2-3-1)

De Gea; Darmian, Smalling, Blind, Shaw; Carrick, Schweinsteiger; Mata, Herrera, Depay; Fellaini

Liverpool (4-3-3)

Mignolet; Clyne, Skrtel, Lovren, Gomez; Can, Lucas Leiva, Milner; Ings, Benteke, Firmino

Dalam empat pekan sebelumnya, kedua tim sama-sama baru mengoleksi tujuh poin dan menelan kekalahan di laga terakhir yang mereka mainkan di Liga Primer Inggris.

0' - KICK OFF

3' - Baik Manchester United maupun Liverpool sama-sama masih coba mencari ruang dan celah untuk melakukan serangan. Belum ada pergerakan berbahaya dari kedua tim.

6' - Tempo pertandingan masih lambat dan belum menggambarkan tajuk laga ini sebagai salah satu big match yang dinanti oleh penggemar sepakbola di seluruh dunia.

7' - Kesalahan lini belakang Liverpool membuat Marouane Fellaini mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol. Namun tendangan lob nya masih jauh dari sasaran.

11' - Umpan jauh Michael Carrick diterima dengan baik oleh Matteo Darmian yang ikut naik membantu serangan. Sayang, Fellaini gagal menyambut umpan yang dikirim Darmian ke depan kotak penalti.

15' - 15 menit permainan berjalan, Manchester United dan Liverpool sama-sama belum bisa menyajikan permainan dengan tempo cepat.

18' - Roberto Firmino pun harus ikut turun membantu pertahanan dan menjemput bola lantaran lini tengah Liverpool sejauh ini masih kesulitan memasok bola ke lini depan.

Meski sempat ingin pindah ke Real Madrid, David de Gea tetap mendapat dukungan dari para suporter MU. ( Reuters / Phil Noble)



25'- Memasuki menit 20, tempo pertandingan mulai meningkat namun tetap belum ada gol yang berhasil diciptakan oleh kedua tim.

Pada musim lalu, Manchester United berhasil mengalahkan Liverpool dalam dua laga Liga Primer Inggris. United menang 3-0 di Old Trafford dan unggul 2-1 di Anfield.

Danny Ings dan Matteo Darmian merupakan dua pemain anyar yang baru kali pertama merasakan panasnya duel Manchester United vs Liverpool. (Reuters / Phil Noble)
32' - United coba memanfaatkan keunggulan tinggi badan yang dimiliki oleh Fellaini dengan melepaskan umpan-umpan silang namun strategi ini belum berbuah manis. Liverpool masih kesulitan membangun alur serangan. James Milner-Lucas Leiva-Emre Can belum mampu menjalankan tanggung jawab mereka dengan baik.

35'- Emre Can melepaskan umpan terobosan ke arah Christian Benteke. Namun Can telat beberapa detik sehingga Benteke lebih dulu terperangkap oleh jebakan offside lini pertahanan United.

40' - Sisa lima menit di babak pertama, tempo pertandingan berlangsung biasa saja. United dan Liverpool sama-sama mengalami kebuntuan dan tak punya banyak ide untuk membongkar pertahanan lawan.

45' - Pertandingan berakhir. Kedua tim sepertinya butuh perubahan strategi di babak kedua.

Raut ketegangan terlihat di wajah kedua manajer sebelum pertandingan berlangsung. Di jeda pertandingan ini keduanya dituntut untuk melakukan perubahan. (Laurence Griffiths/Getty Images)


Louis van Gaal memutuskan untuk menarik keluar Memphis Depay dan menggantikannya dengan Ashley Young. Sedangkan Brendan Rodgers memutuskan untuk tidak melakukan perubahan pada formasinya sejauh ini.

49' - GOOOOLL!!! Sebuah set piece yang berjalan sempurna dilakukan oleh Manchester United. Juan Mata yang menjadi eksekutor tendangan bebas memutuskan untuk memberikan bola ke sisi luar. Lini belakang Liverpool tak menduga hal ini sehingga Daley Blind leluasa melepaskan tembakan keras yang bersarang ke pojok kanan gawang Mignolet.

Dalam beberapa hari terakhir, performa Daley Blind sering dikritik karena dianggap tak ideal bila ditempatkan sebagai bek tengah.

51' - Setelah mencetak gol, United terus memberikan tekanan ke lini pertahanan  Liverpool. Sebuah umpan silang Blind jatuh tepat ke Bastian Schweinsteiger, namun Liverpool diuntungkan karena pemain Jerman itu gagal menguasai bola dengan baik.

56' - David de Gea melakukan blunder saat melakukan lemparan bola. Lemparan De Gea terlalu pendek sehingga bisa diambil oleh pemain-pemain Liverpool. Namun Liverpool gagal memanfaatkan momen ini dengan baik.

56' - David de Gea menunjukkan jawaban mengapa Real Madrid begitu menginginkan dirinya. Ia mampu mementahkan tendangan voli yang dilakukan oleh Danny Ings dari jarak dekat.

58' - Brendan Rodgers belum juga tergerak untuk melakukan perubahan komposisi pemain. Mungkin hal ini terjadi lantaran tak banyak pilihan yang ia miliki di bangku cadangan.

Salah satu bukti bahwa pertandingan Manchester United lawan Liverpool berjalan begitu membosankan di babak pertama sehingga membuat pendukung United tertidur di tengah pertandingan. (Reuters / Carl Recine)


64'- Daley Blind sukses menyelamatkan gawang United dari kebobolan. Sebuah kemelut terjadi di muka gawang David de Gea, dan Blind dua kali menggagalkan upaya Liverpool mencetak gol.

65' - ANTHONY MARTIAL MASUK MENGGANTIKAN JUAN MATA! Pendukung United akhirnya bisa melepas rasa penasaran mereka terhadap performa striker muda yang baru saja mereka beli dengan harga mahal.

Gol Daley Blind kembali menunjukkan kelengahan Liverpool untuk menjaga lini kedua. Hal yang sama seperti yang terjadi pada gol kedua West Ham di pekan keempat. (Reuters / Carl Recine)

69' - Wasit memberikan tendangan penalti untuk United. Joe Gomez melakukan pelanggaran terhadap Ander Herrera.

69'- GOOOOLLLLL!! Ander Herrera mencetak gol melalui tendangan penalti. Tendangan kerasnya ke pojok atas kanan gawang Liverpool tak mampu dijangkau Mignolet.


73' - Tertinggal dua gol membuat Brendan Rodgers kembali melakukan perubahan. Divock Origi dimasukkan Rodgers untuk menggantikan Danny Ings.

75' - Christian Benteke mengancam gawang United! Namun sundulannya hasil umpan James Milner masih melebar dari sasaran.

Bukan hanya mencetak gol, Daley Blind juga menggagalkan upaya Liverpool untuk menyamakan kedudukan. (Reuters / Phil Noble)

83' - DE GEA!! David de Gea kembali melakukan sebuah penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan keras yang dilakukan oleh Jordon Ibe.

84'- GOOOOOLL!! Liverpool memperkecil kedudukan!! Christian Benteke melakukan tendangan salto yang tak mampu dibendung oleh David de Gea.

86' - GOOOOOOOOOLLL!! Anthony Martial mencetak gol di laga debutnya bersama United. Setan Merah kembali memperlebar skor menjadi 3-1.


Anthony Martial sering disamakan dengan Thierry Henry. Meski masih jauh untuk menjawab apakah Martial pantas menyandang status tersebut, setidaknya gol Martial yang berawal dari akselerasi di sisi kanan pertahanan lawan mengingatkan gol-gol ala Henry semasa aktif bermain.

Christian Benteke sempat membuat pendukung Manchester United terdiam dengan gol indahnya. (Reuters / Carl Recine)


90+3' - Pertandingan berakhir. Manchester United mengantongi tambahan tiga angka sehingga poin mereka saat ini menjadi 10 angka dan tertinggal lima angka dari Manchester City.

Anthony Martial tak mau banyak berdebat soal statusnya sebagai pemain dengan banderol harga mahal. Ia ingin membuktikan kualitasnya di lapangan dan gol di laga debutnya ini jadi salah satu jawaban yang pas. (Reuters / Carl Recine)
(ptr/ptr)