Lydia Ko, Tiger Woods di Dunia Golf Wanita

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2015 14:41 WIB
Lydia Ko, Tiger Woods di Dunia Golf Wanita Lydia Ko baru saja memenangi gelar mayor pertamanya. (Anne-Marie Sorvin-USA TODAY Sports/Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pegolf berusia 18 tahun asal Selandia Baru, Lydia Ko, bisa menjadi Tiger Woods di dunia golf wanita jika ia memasang target lebih tinggi, demikian ujar pegolf kompatriot Ko, Michael Campbell.

Kemenangan Ko di Kejuaraan Evian pada Minggu (13/9) menjadikan dirinya pemenang kejuaraan mayor termuda. Ia juga menjadi atlet ketiga dari Selandia Baru yang sukses mendapatkan gelar mayor, setelah Bob Charles dan Campbell.

Woods memenangi 14 gelar mayor dalam 12 tahun karier profesionalnya yang dimulai sejak 1997. Campbell mengatakan bahwa Ko juga mengikuti jejak Woods dan tampil dominan di dunia golf perempuan dalam tahun-tahun berikutnya.


"Ia harus membuat lebih banyak rekor, dan juga membidik tujuan yang lebih tinggi," kata pemenang Amerika Serikat Terbuka itu kepada radio New Zealand.

"Saya kira hal terpenting bagi dirinya adalah mengatur ulang targetnya. Ia bisa menjadi pemain pertama yang memenangi kelima major."

Ko memang memiliki catatan yang mirip dengan Woods. Dari 61 kali turun di Tur LPGA, Ko mampu mendapatkan sembilan kemenangan, dengan satu di antaranya adalah gelar mayor. Sementara itu, Woods mendapatkan tujuh kali kemenangan dari 61 kali penampilan pertama di Tur LPGA (satu mayor).

Pada 2 Februari 2015 lalu, Ko juga dinobatkan menjadi pemain termuda, baik putra maupun putri, yang bisa menduduki peringkat satu dunia tepatnya pada usia 17 tahun sembilan bulan dan delapan hari.

Satu kemenangan di turnamen mayor lainnya akan membuat Ko menjadi pegolf tersukses dari Selandia Baru.

"Ia adalah duta besar yang hebat untuk golf dan Selandia Baru," kata Campbell.

"Ia memiliki 20 tahun lagi di puncak penampilan, yang berarti 100 kesempatan untuk mendapatkan gelar mayor. Tentu saja ada masanya ia akan kehilangan konsentrasi, namun saya yakin ia memiliki tim yang hebat di belakang."  

(vws)


BACA JUGA