Capres FIFA Infantino Minta Dukungan Mourinho dan Figo

Jun Mahares, CNN Indonesia | Selasa, 02/02/2016 08:32 WIB
Selain Mourinho dan Figo, calon Presiden FIFA Ganni Infantino juga mengundang Fabio Capello, Roberto Carlos, dan Fernando Hierro. Ganni Infantino (kiri) tengah gencar menarik dukungan dari tokoh sepak bola dunia untuk mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA. (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden FIFA Ganni Infantino semakin gencar meraih dukungan dari tokoh sepak bola. Sejumlah nama beken seperti Jose Mourinho dan Luis Figo turut hadir dalam acara ramah tamah yang digagas di Wembley, London Senin (1/2) waktu setempat.

Infantino yang juga menjabat Sekjen UEFA memaparkan program-program selama 90 hari pertama seandainya terpilih sebagai Presiden FIFA. Pemungutan suara sendiri akan dilangsungkan pada 26 Februari.

Selain Mourinho dan Figo, sejumlah figur lainnya yang hadir melibatkan mantan pelatih timnas Inggris dan AC Milan Fabio Capello, legenda Brasil Roberto Carlos, dan mantan kapten timnas Spanyol Fernando Hierro.


Infantino yang berambisi menggantikan Sepp Blatter di kursi Presiden FIFA menekankan visi organisasi yang bernapaskan sepak bola dan menghindari skandal korupsi.

"Tugas utama saya adalah mengembalikan sepak bola ke FIFA dan FIFA ke sepak bola," kata Infantino seperti dilansir Guardian.

"Citra FIFA harus tumbuh dan kembali ke puncak lagi dan kita hanya dapat melakukan hal ini jika kita hidup dan bernafaskan sepak bola dan bekerja 2.000 persen untuk sepak bola."

Kehadiran para legenda sepak bola, lanjut Infantino, merupakan bukti kecintaan terhadap sepak bola.

Mantan bintang Real madrid Luis Figo secara tegas mendukung Infantino untuk melakukan perubahan di tubuh organisasi FIFA yang sedang tersangkut skandal korupsi.

"Orang-orang perlu untuk berpikir apakah mereka ingin sejumlah hal terus berlanjut pada situasi ini atau mereka menginginkan perubahan. Jika Anda melihat kandidat-kandidat lain, ia (Infantino) merupakan sosok yang tepat untuk membuat perubahan itu," ujar Figo.

Infantino akan bersaing dengan Presidan Konfederasi Sepak Bola Asia Sheikh Salman bin Ebrahim Al-Khalifa asal Bahrain dan pengusaha asal Afrika Selatan Tokyo Sexwale. Dua kandidat yang tak kalah kuat adalah Pangeran Ali bin Hussein asal Yordania dan mantan ofisial FIFA Jerome Champagne asal Perancis. (jun)