Louis van Gaal Siap Ukir Sejarah Manis Bersama Man United

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2016 05:02 WIB
Louis van Gaal Siap Ukir Sejarah Manis Bersama Man United Manchester United mengalami masalah cedera musim ini. (Reuters / Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Louis van Gaal belum berhasil membawa Manchester United naik ke papan atas Liga Inggris. United juga telah tersingkir di Liga Champions. Namun Van Gaal masih memiliki kesempatan untuk masuk dalam daftar sejarah manis United dengan memenangkan Liga Eropa.

Lantaran berada di posisi ketiga saat fase penyisihan grup Liga Champions berakhir, United harus rela terbuang ke Liga Eropa. Namun di kompetisi ini, asa United untuk mengakhiri musim 2015/2016 dengan trofi di tangan justru terbuka.

United saat ini ada di babak 32 besar dan akan menghadapi klub Denmark, FC Midtjylland. Pada leg pertama, Kamis (18/2), United lebih dulu bertindak sebagai tim tamu.


“Kami ingin memenangkan trofi Liga Eropa karena kami belum pernah memenangkannya dan hal itu merupakan sebuah tujuan yang fantastis,” ucap Van Gaal seperti dikutip dari Sky Sports.

Selain arti sebuah trofi di tangan, gelar juara Liga Eropa juga berarti sebuah tiket untuk kembali ke Liga Champions musim depan. Peluang ini harus dimaksimalkan United karena mereka terlihat kepayahan dalam perburuan zona empat besar Liga Inggris.

Namun untuk mewujudkan hal itu, United bukan hanya harus berhadapan dengan Midtjyllland melainkan juga dengan badai cedera yang menimpa mereka. United tak bisa memainkan Wayne Rooney dan Matteo Darmian karena mereka menyusul pemain lainnya yang sudah lebih dulu masuk daftar cedera.

Dengan cukup rampingnya skuat United musim ini, maka badai cedera yang dialami United jadi masalah besar bagi mereka.

“Pada musim ini kami memang menerapkan kebijakan memiliki skuat yang tak besar karena kami juga ingin memasukkan sejumlah pemain muda kami dalam beberapa pertandingan.”

“Dengan kebijakan itu, sesekali pemain muda bisa masuk dalam tim utama namun cedera terus terjadi sepanjang minggu kepada kami. Tentunya dalam perkiraan situasi normal, sebuah tim tak akan memiliki 13 pemain cedera,” ujar Van Gaal. (ptr/ptr)