Nico Rosberg Juara Lagi, Rio Haryanto Tak Finis

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Minggu, 01/05/2016 20:57 WIB
Nico Rosberg Juara Lagi, Rio Haryanto Tak Finis Nico Rosberg menggondol gelar juara dari GP Sochi, Rusia. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, semakin tak terbendung di klasemen Formula 1 2016 setelah ia mendapatkan kemenangan keempatnya secara beruntun musim ini di GP Sochi, Rusia, Minggu (1/5).

Rosberg bahkan mencatatkan grand slam pertama dalam kariernya, yaitu memenangi balapan, merebut pole position di sesi kualifikasi, dan juga mencatatkan waktu putaran tercepat.

Bagi Rosberg, kemenangan ini adalah yang ketujuh secara beruntun jika dihitung dari musim lalu -- menyamai rekor kemenangan beruntun pebalap legendaris Michael Schumacher.


Rosberg juga memimpin klasemen dengan nyaman, unggul 43 poin dari Lewis Hamilton di tempat kedua. Keunggulan ini membuat sang pebalap Jerman kini punya peluang besar untuk merebut gelar juara dunia pertamanya.

Pebalap Mercedes lainnya, Lewis Hamilton, juga membalap dengan hebat di balapan kali ini. Start di posisi ke-10, Hamilton menyelesaikan balapan di tempat kedua setelah sempat menyalip pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen.

Sementara itu Sebastian Vettel tak bisa menyelesaikan balapan karena dua kali ditabrak pebalap Red Bull, Daniil Kvyat, dari belakang ketika putaran pertama belum berakhir. Mobil Vettel berputar dan kemudian menabrak pagar pembatas.

Kvyat mendapatkan penalti 10 detik di pitstop karena aksinya itu.

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto pun tak bisa menyelesaikan balapan karena mobilnya terdorong keluar oleh mobil Nico Hulkenberg. Sementara rekan setim Rio, Pascal Wehrlein finis di posisi paling buncit yaitu ke-18.

Balapan kali ini juga ditandai pertama kalinya dua pebalap McLaren-Honda mendapatkan poin di musim ini. Fernando Alonso finis di posisi keenam, sementara Jenson Button di tempat ke-10.

Berikut hasil GP Sochi, Rusia:

1    ROS    Mercedes    1:32:41.997
2    HAM    Mercedes    1:33:07.019
3    RAI    Ferrari    1:33:13.995
4    BOT    Williams    1:33:32.214
5    MAS    Williams    1:33:56.424
6    ALO    McLaren    Lapped
7    MAG    Renault    Lapped
8    GRO    Haas F1    Lapped
9    PER    Force India    Lapped
10    BUT    McLaren    Lapped
11    RIC    Red Bull    Lapped
12    SAI    Toro Rosso    Lapped
13    PAL    Renault    Lapped
14    ERI    Sauber    Lapped
15    KVY    Red Bull    Lapped
16    NAS    Sauber    Lapped
17    GUT    Haas F1    Lapped
18    WEH    Manor    Lapped

(vws)




BACA JUGA