Manajer Bantah Rio Haryanto Diminati Renault

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 15/09/2016 14:57 WIB
Rumor Renault berminat merekrut Rio Haryanto muncul setelah pebalap 23 tahun itu unggul dalam voting tentang pebalap yang pantas memperkuat Renault di F1 2017. Rio Haryanto diklaim Piers Hunnisett sedang melakukan pembicaraan dengan sejumlah tim F1. (Manor Grand Prix Racing Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rumor Rio Haryanto diminati Renault untuk menjadi pebalap tim asal Perancis tersebut pada Formula One (F1) 2017 dibantah Piers Hunnisett. Manajer pebalap asal Indonesia itu mengatakan Rio sedang melakukan pembicaraan dengan sejumlah tim, tapi bukan Renault.

Rumor Renault berminat merekrut Rio muncul setelah pebalap 23 tahun itu unggul dalam voting yang dilakukan media online Read Motor Sport. Dalam voting mengenai siapa yang pantas menjadi pebalap Renault musim depan, Rio mendapat suara hingga 81 persen.

Rio unggul jauh atas pebalap Renault musim ini, Kevin Magnussen, yang hanya mendapat suara 16 persen. Sementara rekan setim Magnussen, Jolyon Palmer, tidak mendapatkan suara.


Kepada CNNIndonesia.com, Kamis (15/9), Hunnisett memastikan tidak ada tawaran dari Renault untuk Rio. "Cerita mengenai Renault hanya buatan sejumlah media," ucap pria asal Inggris tersebut.

Hingga saat ini Rio masih fokus menjadi pebalap cadangan Manor Racing setelah posisi pebalap asal Surakarta itu digantikan Esteban Ocon. Hunnisett mengaku pihaknya sedang melakukan pembicaraan dengan sejumlah tim dalam usaha membawa Rio menjadi pebalap F1 musim depan.

"Tidak ada banyak tempat bagi pebalap di F1, hanya ada 22 pebalap yang bisa tampil. Kami sedang melakukan pembicaraan dengan sejumlah tim," ujar Hunnisett.

"Ada banyak faktor yang berperan agar Rio bisa mendapatkan kembali posisi di F1. Fokus kami saat ini hanya di ajang F1, Rio pantas berada di F1, jadi kami akan melakukan segala hal untuk mengembalikan Rio ke F1," sambungnya.

Posisi Rio sebagai pebalap utama di tim Manor digantikan Ocon pada 10 Agustus lalu. Manajemen Rio gagal melunasi uang syarat tampil penuh satu musim di F1 2016 kepada Manor yang mencapai 7 juta euro.

Renault sendiri lewat direktur pelaksana tim, Cyril Abiteboul, mengatakan akan mengumumkan susunan pebalap di F1 2017 pada akhir September 2016. (bac)


BACA JUGA