Manor Telah Membuat Ocon Tak Berprestasi

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Kamis, 22/09/2016 22:08 WIB
Manor Telah Membuat Ocon Tak Berprestasi Pebalap muda asal Perancis, Esteban Ocon, menggeser Rio Haryanto dari kursi balap tim Manor Racing. (AFP PHOTO / LOIC VENANCE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur tim balap Formula One (F1) Manor Racing, Dave Ryan, mengaku timnya tak dapat berbuat banyak untuk mengangkat pebalap barunya, Esteban Ocon, berprestasi di lintasan balap.

"Esteban seharusnya bisa lebih baik," kata Ryan seperti dikutip dari Auto Sport.

"Kami tidak memiliki balap yang bagus di Monza bersamanya, dan kemudian kami menjatuhkannya lagi di Singapora dengan [strategi] pitstop kami."


Dia pun dengan tegas menyatakan pihaknya tak melakukan kerja yang cukup baik untuk memastikan semua prosedur dan segala hal dalam tempatnya sehingga membuat Ocon tersudut.

"Kami adalah sebuah tim, dan kami bekerja bersama. Itulah yang setiap orang lakukan, kami tidak berbeda, dan kami melakukan hal yang sama," katanya.

Ocon yang merupakan pebalap junior Mercedes itu ditunjuk Manor mengisi kursi balap mengganti pebalap Indonesia, Rio Haryanto, saat jeda musim panas. Ocon melakukan debutnya di grand prix Belgia yang berlangsung di sirkuit Spa.

Namun, kala itu ia mengalami masalah di pengereman. Di seri selanjutnya yang berlangsung di sirkuit Monza, Italia, Ocon kembali gagal karena masalah elektrik di mobilnya pada latihan bebas pertama dan kualifikasi.

Terakhir, saat GP Singapura akhir pekan lalu, Ocon mendapatkan penalti lima detik karena menyalip pebalap Sauber, Felipe Nasr saat ada safety car. Dia juga terkena penalti karena pitstop yang terlalu lambat sebanyak dua kali.

"Prosedurnya salah, tetapi saya tak yakin dengan yang pertama. Jadi kami harus melihat video dan meyakinkan diri kami sendiri," tukas Ryan.

(bac)