Hadapi Timnas Indonesia, Thailand Buang Formasi Bertahan

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Jumat, 18/11/2016 09:56 WIB
Hadapi Timnas Indonesia, Thailand Buang Formasi Bertahan Timnas Thailand akan berhadapan dengan Indonesia di laga pertama. (Reuters/Damir Sagolj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih tim nasional Thailand, Kiatisuk Senamuang, akan membuang formasi 3-5-2 dan lebih memilih formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3 untuk menjaga keseimbangan permainan di turnamen Piala AFF 2016.

Kiatisuk menuai pujian karena menggunakan formasi yang lebih bertahan 3-5-2 dalam laga melawan Australia di kualifikasi Piala Dunia 2018. Formasi itu membuatnya menahan imbang Australia 2-2 di Bangkok dengan mengandalkan dua bek sayap (wing back) Tristan Do dan Theerathon Bunmathan untuk menyerang balik.

Meski demikian, Kiatisuk menyebut formasi 3-5-2 itu tak cocok digunakan di Piala AFF 2016.


"Melawan musuh-musuh dari Asia Tenggara, kami akan menggunakan 4-2-3-1 atau 4-3-3, dua formasi yang lebih sering kami mainkan," kata Kiatisuk, seperti dikutip dari ESPN FC.

"Kami akan lebih efektif dengan formasi itu, baik saat menyerang atau bertahan."

Thailand akan kembali mengandalkan gelandang Chanathip Songkrasin, penyerang Teerasil Dangda, dan juga Theerathon sebagai kapten di Piala AFF 2016. Thailand yang merupakan juara Piala AFF 2014, kembali menjadi favorit di edisi Piala AFF ke-11.

Kiatisuk tidak ingin status tersebut membuat para penggawanya lengah.

"Target kami adalah untuk memenangi gelar, tapi kami tak boleh terlalu percaya diri," katanya. "Kami harus memberikan segalanya dalam setiap pertandingan. Semua pemain punya pemahaman yang bagus tentang taktik kami berkat latihan dalam dua pekan terakhir."

Di laga pertama yang digelar 19 November, Thailand akan menghadapi Indonesia dan kemudian berjumpa Singapura pada 22 November, lalu melawan tuan rumah Filipina tiga hari kemudian. (har)