Presiden FIFA Ucapkan Selamat Indonesia ke Final Piala AFF

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 09/12/2016 06:30 WIB
Tak hanya mengucapkan selamat, Presiden FIFA Gianni Infantino pun menyaksikan pertandingan Indonesia vs Vietnam lewat layar di sela FIFA Summit di Singapura. Sekjen PSSI Ade Wellington dan Presiden FIFA Gianni Infantino di sela-sela FIFA Summit yang digelar di Singapura, Kamis (8/12) siang. (Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden FIFA Gianni Infantino mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia atas keberhasilannya lolos ke babak final Piala AFF 2016. Ucapan itu disampaikan Infantino saat berbincang dengan Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington di sela-sela FIFA Summit yang digelar di Singapura, Kamis (8/12) siang.

Bahkan, lanjut Ade, Infantino menyatakan dirinya menyaksikan siaran langsung pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF antara timnas Vietnam dan Indonesia. Kepada Ade, Infantino pun mengungkapkan pandangannya atas pertandingan antara Vietnam dan Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12) tersebut.

"Presiden FIFA memberi ucapan selamat buat Indonesia yang masuk final dan berharap semoga keberuntungan memihak Timnas Indonesia di final," kata Ade kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/12).


"Ia (Infantino) sangat senang sekali melihat gairah pertandingan Piala AFF dan pertandingan Indonesia melawan Vietnam yang sangat menarik," sambung Ade.

Ade menyatakan ucapan selamat dari Infantino itu merupakan salah satu bentuk perhatian dari FIFA untuk sepak bola di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bukan hanya Presiden FIFA, kata Ade, karena beberapa perwakilan federasi sepak bola negara lain yang berbincang dengannya pun mengucapkan selamat atas lolosnya timnas Indonesia ke babak final Piala AFF.

Indonesia berhasil lolos ke final berkat keunggulan agregat gol 4-3 atas Vietnam. Pada leg pertama semifinal di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Indonesia menang 2-1, Sabtu (3/12). Kemudian di laga leg kedua, Vietnam dan Indonesia bermain imbang 2-2 hingga akhir dua babak tambahan.

Selanjutnya di babak final, Indonesia akan menghadapi Thailand. Thailand memastikan tiket babak final berkat keunggulan agregat 6-0 atas Myanmar. Setelah menang 2-0 pada leg pertama (4/12), timnas Vietnam mencukur Myanmar dengan skor 4-0 pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Kamis (8/12).

Indonesia dan Thailand akan bermain dua leg di babak final -- kandang tandang--untuk memperebutkan supremasi tertinggi sepak bola di Asia Tenggara. Indonesia akan berlaku menjadi tuan rumah pada leg pertama (14/12). Kemudian leg kedua digelar di Thailand tiga hari kemudian.

Indonesia dan Thailand pernah bertemu di fase grup A Piala AFF 2016. Dalam pertandingan di fase grup tersebut Indonesia kalah 2-4.

Di satu sisi, sepanjang sejarah Piala AFF, Indonesia dan Thailand tercatat sudah dua kali bertemu di babak final yakni pada 2000 dan 2002. Seluruh babak final itu Thailand berhasil keluar menjadi pemenangnya. (kid)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK