Harapan Pelatih Thailand Jumpa Timnas Indonesia Terwujud

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Jumat, 09/12/2016 17:32 WIB
Harapan Pelatih Thailand Jumpa Timnas Indonesia Terwujud Kiatisuk Senamuang (kiri) bersalaman dengan Alfred Riedl sebelum laga pertama Piala AFF 2016. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga final Piala AFF 2016 antara Timnas Indonesia melawan Thailand sesuai harapan pelatih tim Gajah Perang, Kiatisuk Senamuang. Pelatih yang dijuluki 'Zico Asia' itu sejak awal menginginkan kembali bertemu Indonesia di babak final.

Usai Thailand memastikan posisi juara Grup A dengan mengalahkan Filipina 1-0, 25 November lalu, Kiatisuk memberikan ucapan selamat kepada Timnas Indonesia yang juga lolos sebagai runner-up setelah mengalahkan Singapura.

Dalam wawancara usai pertandingan melawan Filipina ketika itu, Kiatisuk juga berharap Thailand kembali berjumpa dengan Indonesia di babak final.


"Saya senang kami lolos dengan sempurna. Selamat juga bagi Indonesia yang telah mengikuti kami. Mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi di final," ujar Kiatisuk ketika itu.

Keinginan Kiatisuk bertemu Indonesia di laga final Piala AFF 2016 pun kesampaian. Thailand akan ditantang Indonesia pada laga final yang berlangsung dua leg, 14 dan 17 Desember mendatang.

Thailand lolos ke final setelah melumat Myanmar 6-0 secara agregat. Sedangkan Indonesia harus kerja keras untuk mengalahkan Vietnam 4-3 secara agregat di babak semifinal.

Indonesia dan Thailand sendiri sudah bertemu di laga pembuka Piala AFF 2016. Pada pertandingan pertama Grup A, 19 November lalu, Indonesia kalah 2-4 dari Thailand. Itu adalah satu-satunya pertandingan di mana Thailand kebobolan hingga semifinal Piala AFF 2016. (ptr)