Rio Haryanto Terjun Dunia Kerja Jika Gagal Kembali ke F1

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 21/12/2016 16:51 WIB
Rio Haryanto Terjun Dunia Kerja Jika Gagal Kembali ke F1 Rio Haryanto terpaksa terjun ke dunia kerja jika gagal mentas di F1 2017. (Dok. Manor Grand Prix Racing Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelanjutan karier Rio Haryanto di Formula One (F1) 2017 masih sumir. Pebalap muda Indonesia itu bahkan mulai mempertimbangkan terjun ke dunia kerja jika tak mendapat kursi di ajang jet balap musim depan.

Sejauh ini, masih ada empat slot kosong di sejumlah tim F1. Satu tempat di Mercedes AMG Petronas Motosport, satu slot di Sauber, dan dua kursi di Manor Racing MRT.

Rio memang masih memiliki kans untuk kembali menunggangi Manor Racing, tim yang musim lalu dibelanya. Namun, menurut ibunda Rio, Indah Pennywati, hingga ini belum ada kepastian signifikan dari pihak Manor.


Sauber juga masih menyisakan satu tempat bagi pebalap yang ingin mendaftar. Namun, setali tiga uang, pihak Rio pun belum mendapat sinyal positif dari tim tersebut.

"Sampai saat ini kami masih terus mencari dan menghubungi pihak tim, tapi sampai sekarang belum ada kabar yang menjanjikan. Kalau sampai musim depan tidak balapan mungkin Rio mulai bekerja atau bantu usaha di Solo," kata Indah ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (21/12).

Rio sendiri merupakan lulusan bisnis dari salah satu universitas di Singapura. Itulah alasan Indah menginginkan anaknya mulai menekuni dunia pekerjaan jika harus vakum sejenak dari arena balapan.

"Rio itu masih ingin sekali balapan, tapi kalau memang tidak ada sponsor ya sudah apa boleh buat," katanya menambahkan.

Sementara itu Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan belum ada pembahasan secara khusus di Kemenpora mengenai nasib Rio tahun depan.

"Karena kami tahu diri belum bisa bantu secara finansial. Tapi, tentu saja Kemenpora berharap Rio tetap berkiprah di musim 2017 dengan operator dan dana yang lebih baik," ujarnya melalui pesan singkat.

Rio Haryanto sempat menjadi harapan publik Indonesia untuk menyaksikan putra Tanah Air tampil di F1. Setelah karier Rio bersama Manor harus berakhir di paruh musim lantaran gagal melunasi sisa uang kontrak yang mencapai 7 juta euro.

Pihak Manor pun terpaksan mengambil keputusan untuk mengganti pebalap Indonesia itu dengan Esteban Ocon. (jun)