Tim Balap Manor Terancam Bangkrut

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Jumat, 06/01/2017 20:01 WIB
Tim Balap Manor Terancam Bangkrut Tim balap Formula One (F1) yang pernah dibela Rio Haryanto, Manor Racing, terancam bangkrut dan keluar dari ajang balap jet darat tersebut. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim balap Formula One (F1) Manor Racing terancam bangkrut dan keluar dari ajang balap jet darat tersebut. Melansir dari Sky Sports tim balap asal Inggris itu kesulitan mencari investor baru.

Tim yang pernah menggunakan jasa pebalap Indonesia, Rio Haryanto, pada setengah musim balap tahun lalu tersebut kini dimiliki pengusaha energi asal Inggris, Stephen Fitzpatrick. Dan kini tim tersebut sudah masuk ke dalam firma bisnis, FRP Advisory.

Seperti dikutip dari situs resminya, FRP Advisory adalah salah satu konsultan terbesar di Inggris dalam mengatasi restrukturisasi, pemulihan, dan kepailitan perusahaan.


Saat ini Manor sedang mencari pembeli baru sehingga tim balap tersebut dapat turut berkompetisi di kejuaran dunia F1 tahun 2017. Namun sejauh ini disebutkan beberapa pembeli potensial mundur dari penawaran.

Hal itu pun berimbas pada terkatungnya nasib para pekerja tim balap Manor. Setidaknya ada 200 orang yang bekerja untuk tim balap yang menggunakan mesin Mercedes tersebut.

Musim lalu, Indonesia dibuat bangga dengan terlibatnya Rio sebagai pebalap utama F1. Namun, Rio Haryanto tak membalap dengan gratis. Pasalnya pria asal Solo itu harus membayar hingga 15 juta euro untuk membalap semusim penuh. Namun, Rio--yang dibantu juga sponsor Pertamina tak mampu melunasi 7 juta euro sehingga hanya membalap separuh musim.

Manor saat ini belum memiliki pebalap setelah Pascal Wehrlein bergabung dengan tim Sauber dan Esteban Ocon memilih Force India.

Sementara itu, dikutip dari Crash, ada beberapa pembeli yang mungkin akan mengambil alih Manor. Mereka adalah Tavo Hellmund yang membawa F1 kembali ke Amerika Serikat atau pemilik Manor yang lama, Graeme Lowdon.

Mengenai nasib Manor itu sendiri tak ada konfirmasi resmi dari FRP maupun tim balap tersebut. Sementara itu akun media sosial Manor di Twitter tak ada cuitan termutakhir lagi semenjak tahun berganti.

(kid)


BACA JUGA