Regulasi Liga 1 Ditetapkan Akhir Maret

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Selasa, 21/03/2017 16:51 WIB
Regulasi Liga 1 Ditetapkan Akhir Maret Ilustrasi kompetisi sepak bola INdonesia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sentul, CNN Indonesia -- PSSI belum bisa menjabarkan dengan rinci tentang regulasi yang bakal diterapkan dalam kompetisi Liga 1 2017. Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington mengatakan proses finalisasi regulasi baru akan ditetapkan akhir Maret.

Adapun peraturan-peraturan yang masih perlu dipastikan di antaranya terkait penggunaan dua pemain asing plus satu pemain Asia, serta satu marquee player dalam satu pertandingan. Ade sendiri menilai keempat pemain asing itu bisa main dalam satu pertandingan.

Final Regulasi Liga 1 Ditetapkan Akhir MaretSekjen PSSI, Ade Wellington. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Tapi kan secara konteks harus kami finalisasi dulu nanti tanggal 30 [Maret 2017]. Klub akan kami undang sekaligus [memastikan] aturan pertandingan nanti sudah beres semua," kata Ade kepada CNNIndonesia.com di Hotel Lor In, Sentul, Bogor, Selasa (21/3).


Tak hanya itu, terkait penggunaan tiga dari lima pemain U-23 oleh masing-masing tim juga akan dijelaskan lebih mendetail saat finalisasi regulasi tersebut. Pasalnya, ada beberapa klub yang pemain muda andalannya yang dipanggil ke skuat Timnas Indonesia besutan pelatih asal Spanyol, Luis Milla.

Ade menegaskan, tidak ada perubahan soal aturan itu. Tiga pemain U-23 tetap diwajibkan turun minimal 45 menit di setiap pertandingan.

"Kalau misalnya Bhayangkara ada empat pemainnya yang dipanggil timnas, klub harus cari lagi penggantinya. Kalau batas maksimal pemain 30, mereka boleh tambah jadi 34. Intinya, klub boleh tambah pemain sesuai dengan jumlah pemain yang dipanggil timnas," jelas Ade.

"Sebenarnya secara garis besar sudah kami komunikasikan regulasinya. Tapi, teknisnya operator yang menentukan," imbuhnya.

Kompetisi U-19

Sementara itu, terkait kompetisi untuk U-19, Ade menyebut kurang lebih sama regulasinya dengan kompetisi utama. Hanya saja, dalam pelaksanannya nanti tidak akan ada pertandingan tandang dan kandang.

Kompetisi bakal dibagi menjadi beberapa zona atau grup. Nanti akan dicari masing-masing pemenang di tiap grup untuk kembali di adu dalam menentukan pemenangnya.

"Ya kemungkinan besar dibagi per zona. Nanti akan kami launching 30 Maret sekaligus,"  tutupnya.