Kim Jong-Un Penggemar Berat Juventus

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Kamis, 27/04/2017 00:51 WIB
Kim Jong-Un Penggemar Berat Juventus Senator Italia Antonio Razzi membeberkan Kim Jong-Un merupakan fan berat Juventus dan Liga Italia Serie A. (KCNA/via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kim Jong-Un dikenal sebagai salah satu diktator yang masih tersisa di dunia ini. Bagi rakyat Korea Utara, sosoknya nerupakan pemimpin kharismatik yang seolah jauh dari kesalahan dan selalu dipuja. 

Anak dari Presiden Korea Utara sebelumnya, Kim Jong-Il ini juga termasuk pemimpin negeri komunis di semenanjung Korea itu penuh kontroversi. Belakangan, Jong-Un sesumbar siap menenggelamkan kapal induk Amerika Serikat dan memulai perang dengan negeri Paman Sam itu.

Bahkan, ia baru saja melakukan unjuk kekuatan negara yang dipimpinnya dengan deretan senjata-senjata perang, termasuk rudal yang bis menjelajah antarbenua. 

Namun layaknya manusia biasa, Jong-Un termasuk penggila sepak bola dan basket. Khusus sepak bola, pemimpin bertubuh tambun itu rupanya menjadi fan setia Liga Italia Serie A. Di liga itu, ia merupakan fan berat dari klub Juventus. 


Demikian pengakuan yang disampaikan Senator Italia, Antonio Razzi, mengungkapkan kegemaran Jong-Un di sepak bola. Razzi mengatakan hal tersebut setelah kunjungannya ke sejumlah negara Asia Timur. 

“Apakah ia mengikuti sepak bola Italia? Tentu saja, ia tahu semua tentang Serie A dan basket NBA (Liga Basket Amerika Serikat),” terang Razzi kepada Gazzetta dello Sport seperti dikutip Goal

Bukan hanya diidolakan Jong-Un, Juve juga amat populer bagi hampir seluruh rakyat Korut. “Jika saja Juventus main di Stadion Pyongyang yang amat besar, pasti akan penuh (penonton),” tegas Razzi. 

Razzi menambahkan, Jong-Un kian tergila-gila dengan Serie A berkat pengaruh Kwang-Song Hang. Ia adalah anak muda Korea Utara 18 tahun yang kini bergabung bersama Cagliari di liga tersebut. 

Kwang-Song menjadi pemain pertama dari Korut yang mampu mencetak gol di Serie A. Gol tersebut dilesakkannya ke gawang Palermo pada laga awal April lalu. 

Untuk itu, Razzi bahkan berencana ingin bertemu dengan Kwang-Song dan menyampaikan salam pemain tersebut dengan kampung halamannya di Korut. 

“Apa yang harus saya katakan untuk (Kwang-Song) Han pada Minggu? Saya akan memberikannya pujian kepadanya. Ia merupakan pemain bartalenta yang sudah selevel di Eropa,” ucap Razzi.