'Ronaldo Tetap Bintang Meski Tak di Ritme Terbaik'

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 02/05/2017 21:50 WIB
'Ronaldo Tetap Bintang Meski Tak di Ritme Terbaik' Cristiano Ronaldo tetap mencetak banyak gol meskipun performanya agak menurun. (Reuters / Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan gelandang Real Madrid, Savio Bortolini menilai Cristiano Ronaldo tak bermain di ritme terbaik musim ini namun tetap memiliki peran penting di Real Madrid.

Ronaldo yang sempat mendapat cemoooh dari sejumlah suporter di Santiago Bernabeu lantaran minim gol di awal musim tetap berhasil jadi bagian penting Los Blancos musim ini. Sejauh musim berjalan, Ronaldo telah mencetak 32 gol plus 12 assist dari 40 laga yang dimainkan.

Savio sendiri menyadari bahwa ada penurunan performa dari Ronaldo musim ini.

"Cristiano Ronaldo tak dalam ritme terbaiknya musim ini, seperti musim sebelumnya. Namun bila kalian melihat statistik yang dibukukan Ronaldo, maka ia masih mencatat angka yang luar biasa dan sangat penting," ujar Savio seperti dikutip dari Goal.


Savio mengakui bahwa publik terbiasa melihat penampilan fenomenal Ronaldo sehingga sedikit saja penurunan performa dari Ronaldo sudah dianggap sebagai sebuah masalah besar.

"Kita semua terbiasa melihat Ronaldo mencetak 40, 50, 60 gol setiap tahunnya. Padahal sebuah hal wajar bila seorang pemain mengalami naik-turun performa."

"Mungkin penurunan Ronaldo terkait kondisi fisiknya, saya tak tahu pasti. Namun yang jelas, sulit untuk mempertahankan performa di level tertinggi selama selama 5-7 musim. Saya pun yakin Ronaldo masih memiliki banyak hal yang bisa ditunjukkan dalam dunia sepak bola," kata Savio.

Ronaldo akan memimpin Real Madrid menghadapi Atletico Madrid di leg pertama semifinal Liga Champions yang akan digelar di Santiago Bernabeu, Selasa (2/5).