Sengaja Kartu Kuning, Dani Carvajal Disanksi UEFA

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 11:40 WIB
Sengaja Kartu Kuning, Dani Carvajal Disanksi UEFA Bek Real Madrid Dani Carvajal (tengah) menjaga ketat pemain APOEL dalam laga Liga Champions. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dani Carvajal dipastiakan absen membela Real Madrid pada leg pertama babak 16 Liga Champions. Pemain 25 tahun itu mendapat hukuman tambahan dari Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA (CEDB).

Pada laga kelima penyisihan Grup H Liga Champions melawan APOEL, 22 November lalu, Carvajal mendapat kartu kuning dari wasit asal Portugal, Artur Soares Dias pada menit ke-90 karena mengulur-ngulur waktu dalam melakukan lemparan ke dalam.

Namun, UEFA menilai, ada unsur kesengajaan yang dilakukan pemain kelahiran Leganes, Spanyol itu untuk mendapatkan kartu kuning dan absen pada pertandingan berikutnya.


"CEDB telah memutuskan, memberikan larangan kepada pemain Real Madrid, Dani Carvajal untuk dua pertandingan UEFA yang akan segera diberlakukan," demikian pernyataan UEFA.
Dani Carvajal ikut berselebrasi bersama skuat Real Madrid setelah mencetak gol ke gawang APOEL.Dani Carvajal ikut berselebrasi bersama skuat Real Madrid setelah mencetak gol ke gawang APOEL. (REUTERS/Yiannis Kourtoglou)
Dengan alasan itu, berdasarkan hasil investigasi, UEFA menganggap Carvajal melanggar Pasal 15 Regulasi Disiplin UEFA. Yang isinya, secara jelas menerima kartu kuning atau merah dengan sengaja.

Ketika menghadapi Borussia Dortmund pada laga terakhir grup, 7 Desember lalu, Carvajal memang absen lantaran terkena akumulasi setelah mendapat tiga kartu kuning.

Tetapi, dengan adanya keputusan baru dari UEFA, hukuman untuk Carvajal bertambah. Dia tidak bisa bermain pada pertemuan pertama babak 16 besar Liga Champions.

"Dengan diberikannya hukuman itu, Carvajal tidak akan berpartisipasi dalam laga Madrid melawan Dortmund. Pemain juga tetap mendapatkan hukuman pada satu pertandingan lain di kompetisi UEFA yang akan segera diberlakukan," UEFA menambahkan.
Sergio Ramos juga pernah mendapatkan hukuman karena dianggap sengaja mendapat kartu kuning.Sergio Ramos juga pernah mendapatkan hukuman karena dianggap sengaja mendapat kartu kuning. (AFP PHOTO / Odd ANDERSEN)
Siapa yang menjadi lawan Los Blancos baru akan diketahui dalam undian yang digelar di Nyon, Swiss, Senin (11/12) waktu setempat.

Ini bukan kali pertama juara bertahan Liga Champions itu terkena masalah kartu kuning yang disengaja. Saat masih di bawah pelatih Jose Mourinho, gelandang Xabi Alonso juga mendapat hukuman serupa pada Liga Champions 2011. Bek senior Sergio Ramos juga pernah dinyatakan bersalah karena dengan sengaja ingin mendapatkan kartu kuning. (jun)