Jusuf Kalla Yakin Persiapan Asian Games Masih Sesuai Rencana

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Selasa, 18/07/2017 16:34 WIB
Jusuf Kalla menegaskan persiapan Asian Games sejauh ini masih sesuai rencana dan ia berharap anggaran yang diajukan disetujui DPR. Jusuf Kalla yakin persiapan Asian Games masih berjalan sesuai rencana. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla berharap DPR-RI bisa menyetujui anggaran yang diajukan pemerintah terkait biaya untuk penyelenggaraan Asian Games 2018. JK juga yakin persiapan Asian Games sejauh ini masih sesuai rencana.

Hal itu dikemukakan Wapres JK saat rapat koordinasi bersama Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuldjono di Kantor INASGOC, Senayan, Selasa (18/7).

Wapres memastikan anggaran yang dibutuhkan sejauh ini juga telah terpenuhi sesuai dengan nilai yang diajukan.

"Pendanaan sesuai awal itu Rp500 miliar, plus Rp1,5 triliun plus Rp300 miliar. Tahun depan (2017) ada Rp2,7 triliun. Insya Allah itu prinsip pemerintah dan akan dibicarakan di DPR. Saya harap DPR dapat menyetujui (anggaran itu)," kata Wapres JK


JK mengatakan, rapat koordinasi itu digelar untuk mengecek kesiapan sarana prasarana penyelenggaraan dan kesiapan atlet. Ia memastikan, persiapan sarana sejauh ini telah berjalan sesuai rencana.

"Sebagian besar selesai akhir tahun ini. Beberapa awal tahun depan. Semua berjalan sesuai rencana," ucapnya.

Terkait persiapan penyelenggaraan, orang nomor dua di Indonesia itu juga memastikan sudah berjalan dengan baik. Salah satu kemajuan yang terlihat yakni dengan adanya kantor INASGOC sehingga persiapan sudah berjalan dengan semestinya.

Namun, ia juga menyebut ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Misalnya, pembelian barang dan pembiayaan yang tengah diatur agar memiliki sistem terbuka dan bisa dipantau.

Terkait target masuk 10 besar Asian Games, JK menilai sudah ada kerja keras dalam masa persiapan untuk mewujudkan target tersebut.

Sebelum rapat, JK juga telah mengunjungi pemusatan latihan beberapa cabang olahraga, taekwondo dan voli yang tengah menjalani pelatnas jelang SEA Games 2017 Malaysia.

SEA Games 2017 disebut JK sebagai bagian dari persiapan Indonesia untuk meningkatkan ranking Indonesia di Asian Games 2018. (bac)