Analisis

Neymar, Sinar yang Tersembunyi di Balik Bayang Messi

Putra Permata Tegar Idaman , CNN Indonesia | Jumat, 21/07/2017 13:46 WIB
Neymar, Sinar yang Tersembunyi di Balik Bayang Messi
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona mendapat ujian berat dalam dua tahun terakhir. Selain melihat Real Madrid jadi juara Liga Champions, Blaugrana pun terancam kehilangan sejumlah bintangnya. Yang teranyar adalah Neymar.

Real Madrid benar-benar membuat Barcelona tak berdaya di dua tahun terakhir, terutama di musim lalu. Los Blancos sukses jadi juara Liga Champions dan La Liga, sedangkan Barcelona hanya memenangi Copa del Rey.

Keterpurukan Barcelona berlanjut dengan hengkangnya Luis Enrique. Itu berarti Blaugrana harus menjalani masa adaptasi di awal musim. Setelah kisruh perpanjangan kontrak Lionel Messi selesai, kini giliran Neymar yang menjadi ujian berikutnya Barcelona.

Neymar adalah sosok yang sejak muda sudah diprediksi jadi bintang besar. Aksinya menggiring dan memainkan bola membuatnya sudah jadi magnet perhatian sejak belia.

Sejak kariernya di Santos, masa depan Neymar di Eropa sudah mulai jadi bahan perdebatan banyak orang.

Neymar sedang diincar PSG untuk menjadi ikon baru klub.Neymar sedang diincar PSG untuk menjadi ikon baru klub. (Reuters / Borja Suarez)
Barcelona yang saat itu sudah memiliki Messi mendapat durian runtuh karena mereka juga berhasil merekrut Neymar.

Neymar dianggap sebagai salah satu pesepakbola yang bisa menandingi Messi. Namun Neymar sendiri justru mengatakan bahwa salah satu alasan dirinya datang ke Camp Nou adalah karena ingin jadi rekan setim Messi.

Dari performa Neymar musim ke musim, penampilan terbaik Neymar adalah saat ia mencetak 39 gol dari 51 penampilan di musim 2014/2015. Ketika itu, Neymar mampu mengantarkan Barcelona meraih treble.

Untuk kategori performa yang mengecewakan, jumlah gol Neymar pun tak terlalu buruk. Musim lalu, Neymar masih sanggup mengoleksi 20 gol dari 45 laga yang ia jalani meski mendapat banyak kritikan.

Neymar memiliki produksi gol yang bagus namun masih kalah dari Lionel Messi.
Neymar memiliki produksi gol yang bagus namun masih kalah dari Lionel Messi. (REUTERS/Albert Gea)
Neymar memang terbilang bersinar dalam empat musim kiprahnya di Barcelona, namun ia tak pernah benar-benar jadi tokoh utama.

Sinar Neymar selalu tertutup oleh bayang-bayang Messi. Neymar tak akan pernah jadi besar di Barcelona dengan gambaran yang melebihi Messi.

Neymar harus melakukan hal yang jauh lebih spektakuler dari Messi jika ia ingin namanya lebih besar dari bintang Argentina tersebut.

Namun bagaimana mungkin hal itu dilakukan bila Messi masih dengan mudah mencetak 40 gol atau lebih setiap musimnya? Belum lagi berbicara soal rentang karier Messi dan prestasi yang telah ia torehkan bersama Barcelona selama ini?

Ada perbedaan lima tahun antara Messi dengan Neymar. Bila Neymar menunggu Messi pensiun dari Barcelona, mungkin di usia 35-36 tahun, maka Neymar sendiri saat itu sudah berusia 30 tahun atau lebih.

Publik Brasil tidak ingin Neymar berada di bawah bayang-bayang Lionel Messi.Publik Brasil tidak ingin Neymar berada di bawah bayang-bayang Lionel Messi. (REUTERS/Paulo Whitaker)
Belum lagi membicarakan rivalitas Brasil-Argentina yang sudah ada selama ini. Publik Brasil tentu tak sepenuhnya rela bintang terhebat mereka saat ini hanya jadi 'pemain nomor dua' di balik megabintang Argentina.

Karena itu, saat ini bisa jadi momen yang tepat bagi Neymar untuk memulai lembaran baru dalam kariernya. Terlebih, Paris Saint-Germain dikabarkan telah bersedia melunasi klausul pelepasan Neymar.

Status Tulang Punggung Timnas Brasil

Keberadaan Neymar akan disambut hangat oleh PSG. Neymar bisa jadi sosok yang pas untuk menggantikan ikon PSG, Zlatan Ibrahimovic, yang pergi satu tahun lalu.

Memang ada sejumlah nama tenar di PSG seperti Edinson Cavani dan Angel Di Maria, namun kemungkinan Neymar bersinar lebih terang lebih besar dibandingkan ia berada di Barcelona.

Dengan berada di PSG, Neymar juga bisa menarik keluar seluruh potensi yang ia miliki dalam dirinya.

Di Barcelona, segala kesulitan yang dialami tim bakal ditumpukkan secara rata pada trio MSN, atau bahkan lebih berat ke pundak Messi.

Untuk bisa jadi andalan Timnas Brasil, Neymar harus terbiasa jadi tulang punggung di level klub.Untuk bisa jadi andalan Timnas Brasil, Neymar harus terbiasa jadi tulang punggung di level klub. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Neymar harus terbiasa jadi motor utama tim karena dengan begitu mentalnya terlatih kuat sehingga ia siap jadi kapten di timnas Brasil. Kondisi Brasil yang minim bintang saat ini mewajibkan Neymar untuk tampil lebih kuat dari segi mental di tiap pertandingannya.

Bila Neymar akhirnya tak tergoda PSG dan memutuskan bertahan di Barcelona, maka ia harus siap dengan konsekuensi sinarnya tak akan segemerlap yang diprediksikan banyak orang pada awal kariernya.