Kaki Kiri Maut Saddil Lambungkan Timnas Indonesia

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Jumat, 21/07/2017 18:41 WIB
Kaki Kiri Maut Saddil Lambungkan Timnas Indonesia Saddil Ramdani tampil luar biasa dan mencetak dua gol ke gawang Mongolia. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saddil Ramdani berhasil mencetak dua gol dalam pesta tujuh gol Timnas Indonesia ke gawang Mongolia pada pertandingan kedua Grup H kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Stadion Nasional Thailand, Bangkok, Jumat (21/7).

Gol-gol Saddil memiliki peran penting di balik kejayaan Timnas Indonesia yang datang ke laga ini dengan membawa kekalahan 0-3 dari Malaysia tampil menekan sejak menit pertama bergulir.

Sejumlah peluang didapat namun gagal membuahkan hasil, termasuk saat Marinus Mariyanto Manewar tak mampu memaksimalkan peluang dari jarak dekat.

Dalam suasana tegang tersebut, Saddil sukses memecah kebuntuan lewat golnya di menit ke-16. Setelah menerima bola di kotak penalti, Saddil melakukan gerak tipu sehingga bola ada di kaki kirinya.


Tanpa buang waktu, Saddil melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Meski sejumlah bek Mongolia coba melakukan blok terhadap tendangan Saddil, namun bola meluncur deras ke pojok kanan gawang Mongolia. Kiper Mongolia Saikhanchuluun Amarbayasgalan berusaha menjangkau bola namun ia gagal melakukannya.

Saddil Ramdani mencetak dua gol ke gawang Mongolia.Saddil Ramdani mencetak dua gol ke gawang Mongolia. (Dok. PSSI)
Setelah gol Saddil, pemain Timnas Indonesia bermain lebih lepas saat melancarkan serangan ke lini pertahanan Mongolia. Alhasil, dua gol tambahan didapat Indonesia di babak pertama lewat Marinus dan Gavin Kwan Adsit.


Masuk ke babak kedua, Saddil kembali memulai pesta gol Indonesia ke gawang Mongolia. Amarbayasgalan kembali harus merasakan keganasan kaki kiri milik Saddil.

Pada proses gol kedua yang terjadi di menit ke-56 ini, Saddil mendapatkan bola liar hasil tembakan bebas Evan Dimas yang ditinju keluar oleh Amarbayasgalan. Begitu mendapatkan bola di kakinya, Saddil langsung melepaskan tembakan.

Timnas Indonesia membuka peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018.Timnas Indonesia membuka peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018. (Dok. PSSI)
Berbeda dengan gol pertama, Saddil memutuskan melepaskan tembakan mendatar yang juga tak bisa dibendung oleh kiper dan bek-bek Mongolia.


Gol kedua Saddil yang terjadi 11 menit begitu babak kedua dimulai seolah memutus semangat juang Mongolia. Indonesia pun sukses mendapatkan tiga gol berikutnya lewat kaki, Osvaldo Haay, Gavin, dan Septian David Maulana.

Timnas Indonesia pun berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 7-0. Kemenangan ini membuat Indonesia kembali membuka peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23.