Indra Sjafri: Alhamdulillah Timnas Indonesia U-19 Lolos

Jun Mahares , CNN Indonesia | Rabu, 13/09/2017 18:20 WIB
Indra Sjafri: Alhamdulillah Timnas Indonesia U-19 Lolos Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos ke semifinal setelah melumat Brunei Darussalam 8-0 di Stadion Thuwunna, Rabu (13/9). (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri memuji performa apik skuat arahannya yang berhasil melumat Brunei Darussalam dengan skor mencolok 8-0 di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9) sore.

Kemenangan dengan selisih delapan gol ini cukup untuk mengantar Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-18 tanpa harus menunggu hasil pertandingan Vietnam vs Myanmar yang baru akan berlaga malam ini.


"Alhamdulillah kami lolos semifinal tanpa menunggu hasil pertandingan Vietnam lawan Myanmar malam ini. Terima kasih kepada perjuangan para pemain dan doa bangsa Indonesia kepada kami," kata Indra Sjafri dalam rilis resmi PSSI.

Penyerang Rafli Mursalim menorehkan hattrick ke gawang Brunei dan Witan Sulaeman mencetak brace atau dua gol. Sementara sisanya masing-masing dicetak Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara, dan bunuh diri pemain Brunei.

Egy Maulana Vikri menyumbang satu gol saat Indonesia mengalahkan Brunei 8-0.Egy Maulana Vikri menyumbang satu gol saat Indonesia mengalahkan Brunei 8-0. (Dok. PSSI)
Keputusan Indra  untuk menerapkan skema 4-1-4-1 di babak pertama berhasil membawa Indonesia unggul 6-0. Dua gol tambahan yang terjadi di babak kedua tak lepas dari perubahan strategi Indra.

"Sejak awal saya tekankan anak-anak untuk bermain tenang, jangan terburu-buru dan tetap anggap Brunei sebagai lawan yang harus diwaspadai."

Kendati tak mencetak gol, namun kehadiran Feby Eka Putra menambah agresivitas lini serang Indonesia saat menaklukkan Brunei. Kendati tak mencetak gol, namun kehadiran Feby Eka Putra menambah agresivitas lini serang Indonesia saat menaklukkan Brunei. (Dok. PSSI)
"Di babak kedua kami mengubah formasi menjadi 4-3-3, karena kita tarik Feby (Eka Putra) dan masukkan Saddil (Ramdani). Rafli juga kita ganti karena cedera," terang Indra.


Kemenangan telak atas Brunei praktis membawa Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup B dengan raihan sembilan. Namun, posisi nyaman Indonesia masih bisa digeser pemenang laga Vietnam vs Myanmar yang baru berlaga malam.

Vietnam kini beradai di posisi kedua dengan torehan sembilan angka atau unggul tiga poin atas Myanmar. Tuan rumah Myanmar masih punya kans lolos ke semifinal jika berhasil menang dengan skor besar.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Asa Garuda Nusantara