logo CNN Indonesia

Rekor Kecelakaan Terjadi di GP San Marino

, CNN Indonesia
Rekor Kecelakaan Terjadi di GP San Marino
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 140 insiden kecelakaan yang terjadi sepanjang Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano, 8-10 September 2017, merupakan rekor baru dalam satu seri sejarah balap motor grand prix tersebut.

Insiden 140 kecelakaan sepanjang GP San Marino mengalahkan rekor sebelumnya yang terjadi pada GP Portugal di Sirkuit Estoril pada musim 2010. Ketika itu ada 130 kecelakaan sepanjang akhir pekan GP Portugal 2010.


Perubahan cuaca yang signifikan antara babak kualifikasi dengan hari balapan, membuat jumlah kecelakaan meningkat sepanjang sesi pemanasan (26 kali) hingga balapan (54 kali).

Jumlah 80 kecelakaan pada hari-H balapan GP San Marino hanya kalah dari hari-H balapan GP Perancis di Le Mans (94 kali) dan GP Belanda di Sirkuit Assen (91 kali) musim ini. Namun, GP San Marino tetap unggul jumlah kecelakaan sepanjang tiga hari.

Sam Lowes paling sering terjatuh di MotoGP 2017 sejauh ini.Sam Lowes paling sering terjatuh di MotoGP 2017 sejauh ini. (AFP PHOTO / Oli SCARFF)
Dikutip dari Autosport, lebih dari setengah kecelakaan GP San Marino terjadi di kelas Moto3 dan Moto2. Sementara di MotoGP, hanya ada 17 dari 23 pebalap yang berhasil melewati garis finis.

Terkait pebalap yang paling sering jatuh musim ini, pebalap Aprilia Sam Lowes memimpin daftar tersebut. Pebalap asal Inggris itu sudah 23 kali mengalami kecelakaan sepanjang musim ini, unggul tiga kecelakaan atas Marc Marquez.

Marc Marquez saat ini masih memuncaki klasemen MotoGP 2017.Marc Marquez saat ini masih memuncaki klasemen MotoGP 2017. (AFP PHOTO / ANDREAS SOLARO)
Menariknya, dari 20 kali Marquez mengalami kecelakaan, hanya dua di antaranya yang terjadi saat balapan berlangsung. Juara bertahan MotoGP itu dua kali terjatuh di balapan GP Argentina dan GP Perancis.


MotoGP 2017 selanjutnya akan digelar di Sirkuit Aragon, Spanyol, 24 September mendatang. Marquez masih berada di puncak klasemen sementara dengan 199 poin, tapi hanya unggul posisi podium atas pebalap Ducati Andrea Dovizioso.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video