Sandy Walsh Ingin Bela Timnas Indonesia demi Kakek-Nenek

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 02/10/2017 08:25 WIB
Sandy Walsh Ingin Bela Timnas Indonesia demi Kakek-Nenek Sandy Walsh (kiri) menyimpan asa untuk membela Timnas Indonesia untuk menghormati leluhurnya di Indonesia. (AFP PHOTO / ANDER GILLENEA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Sandy Walsh menjadi buah bibir di Indonesia baru-baru ini. Tak lain karena unggahan di media sosial soal kecintaan terhadap tanah leluhurnya, Indonesia.

Pekan lalu, Wals mencuri perhatian publik Indonesia karena mengunggah deker yang bergambarkan Garuda Pancasila hingga sepatu bergambar bendera Merah Putih sebelum bertanding untuk klub Belgia, Zulte Waregem.
Walsh mengakui tertarik untuk berseragam Timnas Indonesia suatu hari nanti. Keinginan itu didorong oleh semangat dan motivasi yang diberikan netizen di media sosial Instagram miliknya.

Sandy Walsh kerap menyertakan detail kecil tentang Indonesia di perlengkapan sepak bolanya.Sandy Walsh kerap menyertakan detail kecil tentang Indonesia di perlengkapan sepak bolanya. (Screenshot via Instagram @sandywalsh)
Bahkan, Walsh yang mewarisi darah Indonesia dari sang ibu itu juga mengucapkan selamat saat ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu.


"Kakek-nenek saya berasal dari Indonesia, tapi mereka sudah meninggal beberapa tahun lalu. Untuk menghormati mereka, saya menggunakan beberapa detail kecil tentang Indonesia," kata Walsh via surat elektronik kepada CNNIndonesia.com.

Pesepak bola kelahiran Brussels, 14 Maret 1995 itu, menuturkan selalu bermimpi untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Sampai saat ini, Walsh memang belum bisa menentukan pilihannya soal menjadi bagian dari Indonesia. Tapi, ia memastikan selalu membuka pintu lebar-lebar jika memang dibutuhkan tim Merah Putih.

"Karena itu, saya mengikuti bagaimana organisasi (PSSI) berjalan. Siapa tahu, di masa yang akan datang saya bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia," ucap pesepak bola berpaspor Belanda itu.

Sandy Walsh mengaku selalu mengikuti perkembangan PSSI.Sandy Walsh mengaku selalu mengikuti perkembangan PSSI. (Screenshot via Instagram @sandywalsh)
"Keinginan itu (menjadi bagian dari Timnas Indonesia) muncul karena banyaknya dukungan yang saya terima melalui media sosial. Itu membuat saya ingin memberikan sesuatu untuk membalas mereka," sambungnya.

Unggahan-unggahan Walsh di Instagram yang berkaitan dengan Indonesia praktis membuat kolom komentar Walsh dibanjiri ucapan, termasuk rayuan dari netizen Indonesia.
Pengikut akun @sandywalsh itu pun langsung melesat cepat hingga mencapai di atas 25 ribu dengan mayoritas warga Indonesia.

Meski langganan timnas junior Belanda, karier Walsh dirintis di Belgia. Ia menimba pengalaman di Anderlecht dan Genk sebelum masuk tim utama Genk pada usia 17 tahun. Setelah lima musim membela Genk, Walsh pindah ke Zulte Waregem di awal musim.