Pelatih Argentina Bongkar Aib Pemain Timnas Chile

Nova Arifianto , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 16:26 WIB
Pelatih Argentina Bongkar Aib Pemain Timnas Chile Jorge Sampaoli ungkap cerita miring di balik keberhasilan Timnas Chile menjuarai Copa America. (Adam Hunger)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Chile dan Timnas Argentina mengalami nasib berbeda di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Di hari terakhir laga kualifikasi Tim Tango yang menang atas Ekuador lolos dengan dramatis, sebaliknya La Roja tersingkir secara tragis setelah dikalahkan Brasil.

Kekalahan 0-3 dari Brasil membuat Chile terlempar dari peringkat lima besar di zona Amerika Selatan. Sederet bintang Chile seperti Alexis Sanchez, Arturo Vidal serta Claudio Bravo dipastikan tak bisa memeriahkan pesta bintang sepak bola di Rusia 2018.


Setelah Chile tersisih, istri Bravo, Carla Pardo, menuding pemain-pemain yang dipanggil pelatih Juan Antonio Pizzi tidak berlaku profesional dengan datang ke tempat latihan usai pesta minuman keras.

Isu negatif mengenai pemain-pemain Chile sebelumnya sudah dilontarkan mantan pelatih Chile yang kini menukangi Argentina, Jorge Sampaoli.

Surat kabar Las Ultimas Noticias merilis ucapan Sampaoli yang mengeluhkan kondisi anak asuhnya ketika berhasil membawa Chile menjadi juara Copa America 2015 lalu.

Jorge Sampaoli pernah memiliki pengalaman menghadapi pemain-pemain Timnas Chile.Jorge Sampaoli pernah memiliki pengalaman menghadapi pemain-pemain Timnas Chile. (REUTERS/Marcos Brindicci)

Pelatih yang pernah memoles Chile sejak 2012 hingga 2016 itu membeberkan kebiasaan Arturo Vidal yang kerap mengonsumsi minuman beralkohol.

"Dia [Vidal] membutuhkan spesialis medis. Dia suka minum dan tidak terkendali. Saat kami pulang dari Lima [Peru], ia bertanya apakah dapat membuka bir yang ia beli dari bandara."

"Saya tidak memperbolehkannya karena ada direktur dan lainnya datang. Dengan bantuan supir, dia dan beberapa pemain lain tetap berhasil mendapatkan wiski yang sebetulnya saya larang meskipun itu untuk bintang seperti Vidal," tutur Sampaoli.

Arturo Vidal disebut memiliki kebiasaan minum alkohol oleh Jorge Sampaoli.Arturo Vidal disebut memiliki kebiasaan minum alkohol oleh Jorge Sampaoli. (REUTERS/Jorge Adorno)
Selain Vidal, Sampaoli juga menyebutkan tindakan indisipliner pemain lain yang pernah menjadi anak asuhnya.

"Dia [Gary Medel] suka keluar dan bersenang-senang, tapi dia tidak minum alkohol lagi," ucap Sampaoli mengenai bek senior di Timnas Cile.

Alexis Sanchez memiliki kebiasaan yang dipandang buruk oleh Sampaoli.Alexis Sanchez memiliki kebiasaan yang dipandang buruk oleh Sampaoli. (REUTERS/Maxim Shemetov)
"Dia [Sanchez] bangun dengan menggunakan headphone di telinganya dan duduk sendirian ketika sarapan, tidak berbicara dengan lainnya," kata Sampaoli.

"Dia [Bravo] berusaha untuk memimpin skuat tapi ada tim bernama 'geng Pitillo' yang sebenarnya memimpin tim," ucap Sampaoli mengenai pertemanan di Timnas Chile yang menyinggung sebuah perkumpulan yang terdiri dari Bravo, Vidal, Jorge Valdivia dan Gonzalo Jara.
(ptr)