Hasil Lisensi AFC Klub Liga 1 Terbit November

Titi Fajriyah , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 18:08 WIB
Hasil Lisensi AFC Klub Liga 1 Terbit November Selain masih berjuang menempati puncak klasemen, Bhayangkara FC masih harus menunggu hasil verifikasi PSSI untuk mendapat tiket ke kejuaraan antarklub Asia. (Dok. Bhayangkara FC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chief Operating Officer (COO) operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy mengatakan hasil verifikasi klub berlisensi AFC baru diketahui akhir November 2017.

Proses verifikasi klub yang sudah dimulai sejak kuartal pertama tahun ini masih berjalan dan akan diputuskan oleh komite lisensi PSSI.


"Proses lisensi itu harus kita ikuti. Yang verifikasi untuk lisensi Asia itu PSSI yang sudah dimulai sejak April (2017). Kami tinggal tunggu keputusan komite lisensi siapa yang lolos siapa yang tidak untuk dilaporkan ke AFC," kata Tigor kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/10).

Verifikasi lisensi dari PSSI baru akan selesai 30 Oktober 2017. Ada tiga level penilaian yang dijadikan patokan untuk mendapat lisensi AFC. Klub Liga 1 dipastikan lulus dari penilaian jika berhasil memenuhi level tertinggi yang berisi 33 kriteria.

COO PT Liga Indonesia Baru, Tigorshalom Boboy (kiri), memprediksi klub Liga 1 baru akan memperoleh lisensi AFC pada November 2017.COO PT Liga Indonesia Baru, Tigor Shalomboboy (kiri), mengatakan klub Liga 1 baru akan memperoleh lisensi AFC pada November 2017. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
"Kalau dia sudah lolos di 33 kriteria level A, sudah pasti dia lolos verifikasi. Nanti hasil dari komite lisensi PSSI akan diserahkan pada rapat dengan AFC akhir November untuk diputuskan," ungkapnya.

Lisensi AFC menjadi salah satu syarat keikut sertaan klub Indonesia di pentas antarklub Asia termasuk Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Bhayangkara FC masih harus menunggu hasil verifikasi untuk mendapatkan lisensi AFC.Bhayangkara FC masih harus menunggu hasil verifikasi untuk mendapatkan lisensi AFC. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pada 2018, AFC memberi jatah satu tempat bagi klub Indonesia di Liga Champions Asia dan dua jatah di Piala AFC.

Saat ini Bhayangkara FC berpeluang menjadi juara di kompetisi Liga 1 2017. Namun klub berjuluk The Guardian itu belum pasti mewakili Indonesia di Liga Champions Asia.

"Kalau misalnya hasil verifikasi nanti Bhayangkara tidak lolos lisensi, akan digantikan dengan klub yang menjadi runner up. Kalau runner up tidak bisa nanti berurutan ke bawah," ucapnya.