Valentino Rossi Kini Layu Saat Hujan

Putra Permata Tegar Idaman , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 19:39 WIB
Valentino Rossi Kini Layu Saat Hujan
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi mengakui bahwa kondisi motor Yamaha YZR M1 miliknya tak akan kompetitif pada lomba dalam guyuran hujan.

Dalam dua sesi latihan bebas di hari Jumat (13/10), Rossi tak bisa tampil kompetitif dan ada di luar 10 besar. Ia mengaku sulit memacu motor ke level yang sama dengan pebalap-pebalap lainnya.


"Bila melihat data yang ada dengan motor tahun lalu tentu akan menimbulkan rasa frustrasi yang besar. Karena saya tak bisa tampil baik di tikungan."

"Saya terlihat sangat lambat saat memasuki tikungan. Saya juga tak bisa merasakan ban belakang. Saya juga sering merasa menggelincir saat melakukan akselerasi," kata Rossi seperti dikutip dari Crash.

Rossi menyatakan bahwa Yamaha M1 miliknya benar-benar tak bisa menunjukkan performa apik bila balapan berlangsung dalam kondisi hujan.

"Saat kami menggunakan sasis baru ini dalam kondisi lintasan kering, seperti di Silverstone dan Aragon, maka kondisinya tidak terlalu buruk. Kami memang punya masalah namun tetap bisa tampil kompetitif."

"Namun ketika kami harus berlomba di saat kondisi lintasan basah, maka tak ada kesempatan . Sangat sulit," ujar Rossi.

Valentino Rossi mengaku Yamaha sulit bersaing dalam kondisi hujan.Valentino Rossi mengaku Yamaha sulit bersaing dalam kondisi hujan. (Foto: AFP PHOTO / Toshifumi KITAMURA)

The Doctor pun mengaku masalah ini tidak akan selesai hanya dengan menggunakan kembali sasis lama.

"Saya mencobanya pada awal musim namun sulit untuk benar-benar menampilkan motor yang sama persis seperti tahun lalu karena bentuk mesin berbeda, jok motor berbeda."

"Jadi pada akhirnya saya memang tak akan mencobanya," tutur pebalap berusia 38 tahun ini.

Rossi bahkan menilai Yamaha lebih baik mulai fokus mempersiapkan diri menghadapi musim depan.

"Kami harus bisa memahami hal ini, terutama untuk persiapan musim depan."


"Kami cukup khawatir karena sudah banyak modifikasi yang kami lakukan namun tak ada hasilnya. Kami tak punya banyak hal lagi yang bisa dilakukan pekan ini, jadi setidaknya kami harus mengerti masalah ini untuk persiapan musim depan," kata Rossi.

Valentino Rossi saat ini ada di posisi kelima dengan koleksi 168 poin, tertinggal 56 angka dari Marc Marquez yang jadi pemimpin klasemen.