Babak I, Ronaldo Gagalkan Keunggulan Spurs atas Madrid

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Rabu, 18/10/2017 02:43 WIB
Babak I, Ronaldo Gagalkan Keunggulan Spurs atas Madrid Cristiano Ronaldo gagalkan keunggulan Tottenham Hotspur. (REUTERS/Paul Hanna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Babak pertama Liga Champions Grup H, Real Madrid menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (17/10) malam waktu setempat berlangsung sama kuat 1-1.

Madrid sempat kecolongang dari Spurs 0-1 pada menit ke-28 melalui gol bunuh diri Raphael Varane. Los Blancos baru bisa menggagalkan keunggulan The Lilywhites pada menit ke-43 lewat gol penalti Cristiano Ronaldo.

Real Madrid langsung mengancam pertahanan Spurs pada awal-awal laga. Ancaman datang dari umpan silang debutan Madrid, Achraf Hakimi dari sisi kanan dan langsung ditanduk Cristiano Ronaldo dan membentur tiang.

Bola pantulan masih diserobot Karim Benzema yang berdiri di depan gawang dengan tendangannya, namun masih melebar di sisi kanan gawang Spurs.

Madrid sejauh ini masih mendominasi serangan demi serangan ke pertahanan Spurs. Adalah Luka Modric, sang playmaker yang kerap melepaskan umpan-umpan krusial bagi Los Blancos.

Tottenham Hotspurs membangun pertahanan yang amat solid untuk membendung serangan-serangan Madrid. (Tottenham Hotspurs membangun pertahanan yang amat solid untuk membendung serangan-serangan Madrid. (REUTERS/Paul Hanna)
Peluang emas kembali diraih Madrid pada menit ke-17. Tendangan Cristiano Ronaldo pada menit ke-17 masih melebar tipis di sisi kiri gawang Hugo Lloris.

Spurs bukan berarti tanpa peluang di tengah gempuran-gempuran tim arahan Zinedine Zidane. The Lilywhites nyaris membobol gawang Madrid pada menit ke-19.

Tandukan Harry Kane meneruma sepak pojok dari Christian Eriksen masih mampu ditepis kiper El Real, Keylor Navas.

Menguasai jalannya pertandingan, Madrid justru mengalami nasib nahas. Los Blancos kecolongan gol pada menit ke-28 melalui gol bunuh diri Raphael Varane.

Gol berawal dari umpan silang datar Serge Aurier dari sisi kanan menuju ke dalam kotak penalti mengarah ke Kane. Varane berusaha menempel ketat Kane, namun bola justru mengenai kakinya dan masik ke gawang Navas.

Memasuki akhir-akhir babak, Madrid mulai frustrasi menciptakan gol penyama skor. Sejumlah peluang emas masih gagal dikonversi menjadi sebuah gol.

Gol yang dinanti-nanti Madrid akhirnya datang juga pada menit ke-43. Adalah penyerang bintang Los Blancos, Ronaldo, yang berhasil menyarangkan bola ke gawang Spurs melalui eksekusi penalti.

Madrid mendapat tendangan penalti setelah Toni Kross dijegal Aurier di dalam kotak penalti Spurs. Ironis karena sebelumnya Aurier berperan pada gol Spurs ke gawang Los Blancos melalui umpan silangnya. Ia pun mendapat kartu kuning.

Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 1-1 untuk kedua tim. Laga kemungkinan bakal tetap berlangsung sengit pada babak kedua.

Skuat Real Madrid vs Tottenham Hotspur
Real Madrid 4-3-3
1 Keylor Navas; 12 Marcelo, 5 Raphael Varane, 4 Sergio Ramos, 19 Achraf Hakimi; 10 Luka Modric, 14 Casemiro, 8 Toni Kroos; 7 Cristiano Ronaldo, 9 Karim Benzema, 22 Isco
Pelatih: Zinedine Zidane

Tottenham Hotspur 4-2-3-1
1 Hugo Lloris; 5 Jan Vertonghen, 6 Davinson Sanchez, 4 Toby Alderweireld, 24 Serge Aurier; 29 Harry Winks, 15 Eric Dier; 23 Christian Eriksen, 18 Llorente, 17 Moussa Sissoko; 10 Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino