Juara Liga 1, Bhayangkara FC Berencana Tur ke China

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Minggu, 12/11/2017 23:01 WIB
Juara Liga 1, Bhayangkara FC Berencana Tur ke China Juara Liga 1, Bhayangkara FC berencana tur pramusim ke China. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Bekasi, CNN Indonesia -- Bhayangkara FC resmi dipastikan sebagai juara Liga 1. The Guardians mampu finis di posisi puncak meski memiliki poin yang sama dengan Bali United, yakni 68 poin.

Bhayangkara juara karena unggul head-to-head dari Serdadu Tridatu. Lebih lanjut, juru taktik tim, Simon McMenemy, berencana mempersiapkan timnya lebih baik di musim depan. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti serangkaian pertandingan uji coba luar negeri.

“Rencananya kami akan menjalani pramusim di China. Di sana, kami bakal lawan dua tim dari tim China Super League. Kami perlu pengalaman lawan tim level Asia,” ucap McMenemy.


Proses juara Bhayangkara FC sebenarnya tak membuat McMenemy begitu bahagia. Pasalnya, mereka kalah 1-2 dalam pertandingan terakhir lawan Persija di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu (12/11) malam.
Bhayangkara FC sukses dinobatkan sebagai juara Liga 1. (Bhayangkara FC sukses dinobatkan sebagai juara Liga 1. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
“Pertandingan ini cukup membuat kami frustrasi, meski pada akhirnya kami bisa bermain tenang. Saya mesti konsentrasi penuh dan saya sedikit kecewa dengan dua gol dari Persija.

“Walau kami kalah, gambaran besar dari semua ini adalah kami juara musim ini,” kata McMenemy kepada para awak media usai pertandingan.

Stadion Patriot Chandrabhaga yang dipenuhi belasan ribu suporter Persija, Jakmania, mampu membuat ‘teror’ bagi The Guardians. Namun, Simon menerangkan timnya kalah bukan karena keberadaan Jakmania yang memenuhi stadion tersebut.
Simon McMenemy tak puas timnya kalah 1-2 dari Persija di laga terakhir Liga 1. (Simon McMenemy tak puas timnya kalah 1-2 dari Persija di laga terakhir Liga 1. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
“Jakmania luar biasa. Bukan karena Jakmania kami kalah, tapi lebih ke pertarungan antar dua tim. Kedua tim saling termotivasi, namun saya agak susah juga angkat motivasi pemain karena kami sudah menyandang predikat juara,” katanya menambahkan.

Bhayangkara sempat memimpin 1-0 melalui gol cepat Ilija Spasojevic pada menit ketiga. Spaso berhasil mengecoh Andritany Ardhiyasa di peluang pertama mereka.

Macan Kemayoran sukses menyamakan kedudukan melalui gol Ramdani Lestaluhu. Tendangan voli pemain asal Tulehu itu mampu menggetarkan gawang Bhayangkara FC pada tambahan satu menit babak pertama.

Persija mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol yang lagi-lagi dicetak Ramdani pada menit ke-83 melalui skema serangan balik yang efektif ke pertahanan Evan Dimas dan kawan-kawan. (bac)