Marquez Kecelakaan 27 Kali dan Tetap Jadi Juara Dunia

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Selasa, 14/11/2017 17:20 WIB
Marquez Kecelakaan 27 Kali dan Tetap Jadi Juara Dunia Marc Marquez mengalami kecelakaan hingga 27 kali di sepanjang MotoGP 2017. (AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu statistik menarik di MotoGP 2017 adalah juara dunia Marc Marquez mengalami kecelakaan hingga 27 kali sepanjang musim dan tidak mengalami cedera serius.

Marquez merebut gelar juara dunia MotoGP 2017 setelah finis ketiga di MotoGP Valencia, Minggu (12/11). Pebalap Repsol Honda itu unggul 37 poin atas Andrea Dovizioso di akhir musim.

Keberhasilan Marquez bisa menjadi juara dunia MotoGP 2017 terbilang luar biasa. Pasalnya, pebalap 24 tahun itu mengalami kecelakaan hingga 27 kali sepanjang musim dan sebagian di antaranya kecelakaan serius.


Hebatnya, Marquez mampu terhindar dari cedera serius sepanjang 27 kecelakaan itu dan merebut gelar juara dunia dengan kondisi fit. Terakhir, Marquez mengalami kecelakaan pada latihan bebas kedua MotoGP Valencia.

Marc Marquez selalu belajar dari kecelakaan yang dialaminya di MotoGP.Marc Marquez selalu belajar dari kecelakaan yang dialaminya di MotoGP. (AFP PHOTO / Josep LAGO)
“Ya, saya kecelakaan 27 kali, tapi saya belajar sesuatu. Saya kecelakaan 27 kali, tapi saya pernah kecelakaan mendekati hingga 50 kali,” ujar Marquez dikutip dari Fox Sports.

“Kecelakaan sebanyak itu memberi saya seperti perasaan tersendiri dengan sepeda motor. Dengan kecelakaan 27 kali Anda menyadari banyak hal,” sambung Marquez.
Marc Marquez tidak mengalami cedera serius meski mengalami 27 kecelakaan.Marc Marquez tidak mengalami cedera serius meski mengalami 27 kecelakaan. (AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)
Situs resmi MotoGP mencatat, kecelakaan 27 kali dalam satu musim merupakan rekor di kelas primer Grand Prix. Beruntung bagi Marquez, dari 27 kecelakaan itu, hanya dua kali terjadi saat balapan musim ini di MotoGP Argentina dan MotoGP Perancis.

Marquez sebenarnya berpeluang mengalami kecelakaan untuk kali ke-28 pada balapan MotoGP Valencia. Tapi, lewat penyelamatan hebat di tikungan satu Sirkuit Ricardo Tormo, pengoleksi empat gelar juara dunia MotoGP itu tetap mampu melanjutkan balapan dan finis ketiga.

“Saya pikir hal utama yang membuat saya mampu melakukan penyelamatan karena tensi balapan. Saya terlalu memaksa sepeda motor, tapi di saat bersamaan saya benar-benar sensitif,” ucap Marquez. (jun)