Daftar 30 Negara yang Tampil di Piala Dunia 2018

Nova Arifianto , CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 08:49 WIB
Daftar 30 Negara yang Tampil di Piala Dunia 2018 Timnas Brasil menjadi kesebelasan pertama dari jalur kualifikasi yang memastikan tampil di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Nacho Doce)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenangan telak atas Irlandia pada babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 memastikan Denmark menjadi negara ke-30 yang akan tampil di Rusia tahun depan.

Denmark juga merupakan negara terakhir dari asosiasi sepak bola Eropa (UEFA) yang meraih tiket ke perhelatan sepak bola antar-negara terakbar.

UEFA yang merupakan konfederasi pemilik jatah terbanyak di Piala Dunia, sudah menyelesaikan fase kualifikasi berbarengan dengan berakhirnya pertandingan antara Irlandia dan Denmark. Sebanyak 13 negara benua biru telah memastikan tempat di Piala Dunia ke-21.
Christian Eriksen (kiri) membantu kelolosan Denmark ke Piala Dunia 2018. Christian Eriksen (kiri) membantu kelolosan Denmark ke Piala Dunia 2018. (Reuters/Lee Smith)
Selain UEFA, konfederasi sepak bola Afrika (CAF) juga sudah memastikan lima negara perwakilan yang akan tampil di Rusia 2018.

Sedangkan wakil Asia, Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Utara, serta Oseania masih akan menjalani laga kedua play-off antar konfederasi pada kualifikasi Piala Dunia 2018.
Timnas Italia gagal ke Piala Dunia untuk kali ketiga sepanjang sejarah.Setelah 60 tahun Timnas Italia kembali gagal tampil di Piala Dunia 2018. REUTERS/Max Rossi
Dalam babak pra-Piala Dunia kali ini terdapat kejutan dengan kegagalan Italia dan Belanda.

Islandia dan Panama adalah dua negara yang akan menjalani debut Piala Dunia di Rusia tahun depan, sementara 28 negara lain sudah memiliki pengalaman tampil di turnamen sepak bola antar-negara yang berlangsung empat tahunan.

Daftar 30 negara yang lolos ke Piala Dunia 2018:

Tuan Rumah: Rusia
UEFA: Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, Islandia, Serbia, Portugal, Prancis, Swiss, Kroasia, Swedia, Denmark
CAF: Nigeria, Mesir, Senegal, Maroko, Tunisia
CONMEBOL: Brasil, Uruguay, Argentina, Kolombia
AFC: Iran, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi
CONCACAF: Meksiko, Kosta Rika, Panama

Negara yang akan menjalani play-off kualifikasi Piala Dunia 2018:
Australia (AFC) vs Honduras (CONCACAF)
Peru (CONMEBOL) vs Selandia Baru (OFC) (nva)


BACA JUGA