Jonatan Christie Usai Kalahkan Lin Dan: Tangannya Dingin

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 16:24 WIB
Jonatan Christie Usai Kalahkan Lin Dan: Tangannya Dingin Jonatan Christie membuat kejutan di babak pertama China Open 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jonatan Christie membuat kejutan pada babak pertama China Open Super Series Premier 2017, Rabu (15/7), dengan mengalahkan jagoan tuan rumah Lin Dan di Haixia Olympics Sport Center, Fuzhou, China.

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia peringkat 17 dunia itu menang 21-19 dan 21-16 atas Super Dan dalam pertandingan berdurasi 42 menit.

Jonatan menilai kemenangan pada gim pertama menjadi kunci kesuksesannya menjungkalkan pemain veteran yang menempati unggulan ketiga.
Lin Dan tak mampu melewati adangan Jonatan Christie pada babak pertama China Open 2017.Lin Dan tak mampu melewati adangan Jonatan Christie pada babak pertama China Open 2017. (AFP PHOTO / JOHANNES EISELE)
"Poin paling penting ada di game pertama. Karena poinnya mepet terus. Saya enggak mau kecolongan di game pertama, karena bisa jadi di game kedua dia lebih percaya diri dan saya jadi ngedrop. Jadi sebisa mungkin poin-poin penting saya paksa. Apalagi pas 17 sama, saya banyakin smash dan cepetin di lapangan,” kata Jonatan dikutip dari rilis resmi PBSI.


Sejak awal pertandingan Jonatan merasa percaya diri karena menilai Lin Dan gugup. Bermain tanpa beban juga menjadi kunci suksesnya mengalahkan salah satu pebulutangkis terbaik di dunia, terlepas dari kesalahan-kesalahan yang dibuat Lin Dan.
Jonatan Christie sudah dua kali mengalahkan Lin Dan dari lima pertemuan.Dari lima pertemuan dengan Lin Dan, Jonatan Christie meraih dua kemenangan. (Dok. PBSI)
"Terasa dari game pertama kami salaman saja tangannya sudah dingin. Sebagai pemain kita bisa merasakan kalau lawan lagi nervous. Saya juga kalau tegang tangannya suka dingin. Ternyata walaupun dia sudah juara Olimpiade dua kali, dia tetap ada tegangnya. Itu yang membuat saya percaya diri,” terang Jonatan.

“Saya berusaha enjoy dan lepas aja. Ini juga kan main di kandang lawan, jadi ya sudah main all out saja yang penting. Saya tidak menyangka juga di game kedua dia bisa begitu. Seorang Lin Dan bisa banyak banget main out-out. Saya tidak tahu kenapa, ya sudah saya tidak mau kehilangan kesempatan. Ini merupakan kesempatan bagus dan ini jadi hari terbaik saya juga. Karena pertama kali main di China Open Super Series Premier ini,” sambungnya.
Jonatan Christie akan bertemu dengan Ng Ka Long Angus di babak kedua China Open 2017.Jonatan Christie akan bertemu dengan Ng Ka Long Angus di babak kedua China Open 2017. (Dok. PBSI)
Di babak kedua Jonatan akan menghadapi pebulutangkis Hong Kong, Ng Ka Long Angus, yang sebelumnya mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting 22-20 dan 21-18.

Selain Jonatan, pebulutangkis lain yang sudah memastikan melaju ke babak kedua pada China Open Super Series Premier 2017 adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dan Mohamad Ahsan/Rian Agung Saputro.

(jun)