Valverde: Messi Lelah dan Butuh Dicadangkan

Putra Permata Tegar Idaman , CNN Indonesia | Kamis, 23/11/2017 12:05 WIB
Valverde: Messi Lelah dan Butuh Dicadangkan Lionel Messi memulai laga lawan Juventus sebagai pemain cadangan. (REUTERS/Massimo Pinca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengungkapkan alasan di balik keputusannya menaruh Lionel Messi di bangku cadangan pada laga penting Liga Champions lawan Juventus di Stadion Allianz, Turin, Rabu (22/11) malam waktu setempat.

Messi memulai laga dengan duduk di bangku cadangan untuk menonton rekan-rekannya bertanding. Saat babak kedua berjalan 11 menit, barulah Messi masuk menggantikan Gerard Deulofeu.

Keputusan Valverde ini terbilang mengejutkan dan berani lantaran Barcelona butuh poin untuk secepatnya memastikan tiket babak 16 besar Liga Champions. Namun, pada akhirnya Valverde bisa tersenyum karena Barcelona berhasil meraih poin dan memastikan diri lolos ke babak berikutnya.

"Lionel Messi sudah memainkan banyak laga dan butuh istirahat. Messi masuk ke lapangan pada babak kedua ketika situasi lebih terbuka."
Lionel Messi baru turun bermain di babak kedua.Lionel Messi baru turun bermain di babak kedua. (REUTERS/Massimo Pinca)
"Keputusan macam ini adalah hal internal yang dipegang oleh pelatih," ucap Valverde seperti dikutip dari Marca.

Hasil imbang 0-0 melawan Juventus sudah memastikan Barcelona mengunci status juara Grup D.

"Saya sudah memiliki keyakinan di laga ini. Kami akhirnya bisa menyudahi babak penyisihan dengan ada di posisi pertama. Kami pun bermain dengan karakter bagus dan mendominasi pertandingan," kata mantan pelatih Athletic Bilbao ini.

Salah satu keberhasilan Barcelona mencuri satu poin dari markas Juventus adalah performa gemilang dari Marc-Andre ter Stegen, terutama ketika sang kiper menepis tendangan Paulo Dybala dari luar kotak penalti pada menit-menit akhir.

"Dia [Ter Stegen] dalam performa bagus. Ya, dia membuat penyelamatan penting [memblok tendangan Dybala] karena bila Juventus mampu mencetak gol, maka mereka akan memenangkan pertandingan," tutur Valverde. (har)