Tentang Timnas Guyana, Calon Lawan Timnas Indonesia

Bowie Haryanto , CNN Indonesia | Kamis, 23/11/2017 11:03 WIB
Tentang Timnas Guyana, Calon Lawan Timnas Indonesia Timnas Guyana tidak pernah tampil di turnamen internasional bergengsi. (Bob Levey/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah akan melawan timnas Guyana dalam pertandingan sepak bola internasional, Sabtu (25/11). Seperti apa profil timnas Guyana yang dijuluki Golden Jaguars?

Guyana adalah negara di pesisir utara Amerika Selatan. Meski begitu, dalam urusan sepak bola timnas Guyana tidak masuk Konfederasi Amerika Selatan (CONMEBOL) melainkan ke Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF).

Federasi Sepak Bola Guyana (GFF) resmi berdiri pada 1902 dan menjadi anggota resmi CONCACAF pada 1961. Timnas Guyana yang akan menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/11), kemudian menjadi anggota resmi FIFA pada 1968.

Timnas Guyana menjalani pertandingan pertama pada 21 Juli 1905 melawan Trinidad dan Tobago. Ketika itu Guyana yang masih bernama British Guiana kalah 1-4.
Timnas Guyana tidak pernah bermain di turnamen internasional bergengsi.Timnas Guyana tidak pernah bermain di turnamen internasional bergengsi. (Bob Levey/Getty Images/AFP)
Sepak bola bukan olahraga utama di Guyana. Sepak bola masih kalah populer dari kriket. Guyana bahkan pernah menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia Kriket pada 2007.

Timnas Guyana tidak pernah tampil di turnamen internasional FIFA, bahkan Piala Emas sekalipun. Prestasi terbaik timnas Guyana adalah menembus putaran final Piala Karibia 2007.
Tidak ada pemain Guyana yang meraih sukses di sepak bola Eropa.Tidak ada pemain Guyana yang meraih sukses di sepak bola Eropa. ( AFP PHOTO / Ronaldo Schemidt)
Guyana sendiri saat ini memiliki peringkat FIFA yang sama dengan Timnas Indonesia. Guyana dan Timnas Indonesia sama-sama berada di peringkat 165 FIFA dengan torehan 117 poin.

Tidak ada pesepakbola Guyana yang pernah meraih sukses di sepak bola Eropa atau pun Amerika Selatan. Tapi, ada sejumlah pemain keturunan Guyana yang pernah bermain di Liga Primer Inggris, termasuk Jerome Thomas yang pernah bermain untuk Arsenal dan West Bromwich Albion. (ptr)