Messi Perpanjang Kontrak, Dihargai Barcelona Rp11,2 Triliun

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Sabtu, 25/11/2017 19:03 WIB
Messi Perpanjang Kontrak, Dihargai Barcelona Rp11,2 Triliun Lionel Messi resmi memperpanjang kontrak bersama Barcelona. (Dok. Barcelona)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi akhirnya menandatangani kontrak baru dengan Barcelona, Sabtu (25/11). Pihak Barcelona melindungi Messi dengan klausul pelepasan kontrak yang fantastis, yakni €700 juta atau setara Rp11,2 triliun.

Dalam rilis resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Messi menandatangani kontrak baru dengan Barcelona yang akan membuatnya bertahan di Camp Nou hingga 2021.

“FC Barcelona dan Lionel Messi pada Sabtu pagi menandatangani kontrak baru yang akan membuat bintang asal Argentina itu tetap bersama klub hingga akhir musim 2020/2021. Klausul pelepasan kontraknya adalah €700 juta,” demikian pernyataan resmi pihak Barcelona.
Lionel Messi bertahan di Barcelona hingga 2021.Lionel Messi bertahan di Barcelona hingga 2021. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Saga sempat terjadi sebelum Messi menandatangani kontrak baru bersama Barcelona. Sebelumnya, pihak Barcelona hanya bisa mengklaim Messi telah setuju bertahan di Camp Nou, tapi pemain 30 tahun itu belum juga menandatangani kontrak baru.


Sebelum Messi resmi perpanjang kontrak, mantan pemain junior Newell's Old Boys itu memiliki kontrak dengan Barcelona hingga 2018. Andai tidak memperpanjang kontrak, maka Messi harus dilepas Barcelona secara gratis.
Lionel Messi sudah merebut banyak gelar bersama Barcelona.Lionel Messi sudah merebut banyak gelar bersama Barcelona. (REUTERS/Vincent West)
Sejak melakoni debut saat masih 17 tahun pada Oktober 2004, Messi sudah mencetak 523 gol bersama Barcelona dan menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub.

Sejauh ini, Messi sudah memenangi delapan gelar La Liga, empat Liga Champions, lima Piala Raja, tujuh Piala Super Spanyol, tiga Piala Super Eropa, dan tiga Piala Dunia Antarklub bersama Barcelona.

Dengan Messi resmi perpanjang kontrak, maka Barcelona bisa fokus menjalani sisa musim. Azulgrana saat ini masih memuncaki klasemen La Liga dan sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Harga €700 juta akan membuat Messi menjadi pesepakbola termahal dalam sejarah sepak bola jika ada klub yang membelinya dari Barcelona. Sebelumnya, Barcelona harus melepas Neymar ke Paris Saint-Germain setelah klub asal Perancis itu membayar klausul pelepasan kontrak sebesar €222 juta. (nva)