Messi: Kepergian Neymar Buat Barca Lebih Solid

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 26/11/2017 14:15 WIB
Messi: Kepergian Neymar Buat Barca Lebih Solid Lionel Messi mengakui Barcelona harus mengubah sistem permainan seiring kepergian Neymar. ( REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi mengakui bahwa kepergian Neymar adalah kehilangan besar di lini depan. Namun hal itu juga membantu Barcelona lebih kokoh saat bertahan.

Barcelona kehilangan Neymar yang memutuskan pergi ke Paris Saint-Germain dengan nilai fantastis, 222 juta euro. Ketiadaan Neymar membuat Barcelona kehilangan trio MSN karena mereka tinggal memiliki Messi dan Luis Suarez.


Meski agak kesulitan di awal musim, terutama saat kalah dari Real Madrid di Piala Super Spanyol, namun Barca akhirnya tampil jauh lebih baik saat kompetisi resmi dimulai.


"Kepergian Neymar membuat kami harus mengubah cara bermain. Kami memang kehilangan kekuatan besar dalam penyerangan, namun penjualannya juga membuat kami lebih kuat dalam sisi pertahanan."

"Kami jadi lebih terlindungi di lini tengah (tidak terbuka) dan hal itu juga membuat kami lebih kuat di pertahanan," ujar Messi seperti dikutip dari Football Espana.

Lionel Messi mengakui kepergian Neymar adalah kehilangan besar di lini depan namun membuat Barca lebih kuat saat bertahan.Lionel Messi mengakui kepergian Neymar adalah kehilangan besar di lini depan namun membuat Barca lebih kuat saat bertahan. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Kepergian Neymar membuat Barcelona membeli sejumlah pemain seperti Nelson Semedo dan Paulinho yang berguna memperkuat lini pertahanan. Mereka juga masih bisa merekrtut Ousmane Dembele dan Gerard Deulofeu untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Neymar di lini depan.

Selain pemain baru, meningkatnya kualitas Samuel Umtiti membuat Barcelona makin solid di lini belakang.


"Dia terus berlatih. Sejujurnya, saya tak tahu banyak tentangnya ketika ia datang. Namun melihat dia berlatih, saya tak terkejut dengan penampilannya di lapangan."

"Di luar lapangan, dia adalah sosok yang hebat dan teman yang baik," kata Messi. (ptr)