Bachdim dan Lilipaly Berpeluang Main Lawan Timnas Islandia

Jun Mahares , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 07:21 WIB
Bachdim dan Lilipaly Berpeluang Main Lawan Timnas Islandia Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly berpeluang masuk dalam daftar Indonesia Seleksi melawan Timnas Islandia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua pemain langganan Timnas Indonesia senior, Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly, berpeluang masuk daftar pemain Indonesia Seleksi untuk melawan Islandia pada Januari 2018.

Tim Indonesia Seleksi nantinya bakal menjadi salah satu lawan Islandia saat berkunjung ke Jakarta. Laga ini direncanakan digelar pada 11 Januari.

Tiga hari berselang, giliran Timnas Indonesia arahan pelatih Luis Milla yang dijadwalkan bertemu dengan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Deputi Sekjen Pengembangan Bisnis PSSI Marsal Marsita mengatakan, penggawa Indonesia Seleksi bakal ditentukan lewat polling. Yang pasti, mereka akan dihuni para pemain bintang di Liga Indonesia.

Stefano Lilipaly punya peluang masuk tim Indonesia Seleksi untuk melawan Timnas Islandia.Stefano Lilipaly punya peluang masuk tim Indonesia Seleksi untuk melawan Timnas Islandia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Rencananya polling akan dibuka di situs resmi PSSI mulai 12 Desember. Siapapun pemain bintang Liga Indonesia yang dianggap layak," kata Marsal.

"Mungkin Bachdim dan Lilipaly bisa masuk tim seleksi jika mereka tidak digunakan pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia yang difokuskan tampil tanggal 14 Januari," sambungnya.

Jika Bachdim dan Lilipaly terpilih, PSSI harus mengantongi izin dari Bali United. Sebab, tenaga kedua pemain ini sangat dibutuhkan Serdadu Tridatu saat menjamu Tampines Rovers yang digelar di Bali pada 16 Januari 2018.

Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly tergabung di tim Bali United.Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly tergabung di tim Bali United. (ANTARA FOTO/Wira Suryantala)
Tak hanya pemain nasional yang berhak tampil di tim seleksi. Pemain asing pilihan pembaca juga berhak tampil jika mendapat dukungan lewat polling yang digagas PSSI.

Marsal menjelaskan, Timnas Indonesia arahan Luis Milla nantinya akan tetap dihuni mayoritas pemain U-23 yang dipersiapkan ke Asian Games 2018. "Ditambah tiga pemain senior yang memang akan dilibatkan di Asian Games," ujarnya.

PSSI bekerja sama dengan Mediapro Asia mengklaim sepakat mendatangkan tim utama Islandia dalam rangkaian tur di Jakarta ini. Namun, hal tersebut sulit diwujudkan karena sebagian besar pemain pilar Islandia masih harus berjibaku di kompetisi elite Eropa, termasuk Liga Primer Inggris.

"Dalam klausul kesepakatan, PSSI meminta Islandia datang dengan skuat utama. Tapi, memang dipastikan minus para pemain bintang mereka yang tampil di Liga Primer," ujar Marsal. (jun)