Daftar 4 Klub Terakhir ke Babak 16 Besar Liga Champions 2017

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 06:14 WIB
Daftar 4 Klub Terakhir ke Babak 16 Besar Liga Champions 2017 Sevilla lolos ke babak 16 besar menemani Liverpool dari Grup E. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai sudah fase grup Liga Champions 2017/2018. Pertandingan di Grup E Hingga H menjadi laga-laga pamungkas, Rabu (6/12) malam waktu setempat.

Dari laga-laga tersebut itu terdapat empat klub yang terakhir memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Hanya di Grup H yang sebelumnya sudah memastikan lolos yakni Tottenham Hotspur dan Real Madrid.

Sedangkan di Grup F, Manchester City juga sudah lebih dulu memastikan lolos. Begitu pula di Grup G, satu tiket lebih awal diraih Besiktas.

Di Grup E, Liverpool dan Sevilla memastikan lolos pada laga terakhir mereka. Liverpool ke babak selanjutnya dengan kemenangan fantastis 7-0 atas Spartak Moskow. Liverpool pun keluar sebagai juara grup.
Liverpool memastikan ke babak 16 besar sebagai juara Grup E. (Liverpool memastikan ke babak 16 besar sebagai juara Grup E. (Reuters/Carl Recine)
Di posisi runner-up Grup E yang lolos adalah Sevilla. Pada laga terakhir di markas Maribor, mereka bermain imbang 1-1 dengan tim tuan rumah.

Di Grup F, satu tiket lagi diamankan Shakhtar Donetsk. Klub asal Ukraina itu di luar dugaan mampu mengalahkan Manchester City 2-1 di kandang mereka, Stadion Metalist.

Hasil tersebut tetap tak mampu menggeser The Citizens di puncak klasemen akhir. Donetsk ke babak 16 besar dengan status runner up.

Sedangkan Napoli harus gigit jari gagal lolos setelah kalah 1-2 dari Feyenoord. Klub Italia itu harus puas di posisi ketiga klasemen Grup F dan tampil di Liga Europa.
Napoli gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. (Foto: REUTERS/Michael Kooren
Napoli gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. (
Di Grup G, satu tiket tersisa juga berhasil direbut FC Porto yang sukses mengalahkan AS Monaco 5-2. Gol-gol Porto masing-masing dicetak oleh Vincent Aboubakar dua gol, Yacine Berahimi, Alex Teles, dan Tiquino.

Besiktas yang juga sudah memastikan lolos sebagai juara Grup G juga berhasil meraih kemenangan atas klub Bundesliga Jerman, RasenBallspory Leipzig dengan skor 2-1.

Daftar Klub-klub Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions
Grup A: Manchester United, FC Bale
Grup B: PSG, Bayern Munich
Grup C: AS Roma, Chelsea
Grup D: Barcelona, Juventus
Grup E: Liverpool, Sevilla
Grup F: Manchester City, Shakhtar Donetsk
Grup G: Besiktas, FC Porto
Grup H: Tottenham Hotspur, Real Madrid (bac)