Usulan Menambah Peserta Kompetisi Liga 1 Ditolak Kongres PSSI

Arby Rahmat , CNN Indonesia | Sabtu, 13/01/2018 19:47 WIB
Usulan Menambah Peserta Kompetisi Liga 1 Ditolak Kongres PSSI Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menolak usulan penambahan klub Liga 1 oleh Semen Padang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tangerang Selatan, CNN Indonesia -- Usulan Direktur Umum Semen Padang, Rinold Thamrin, untuk menambah jumlah peserta di kompetisi Liga 1 2017 pada saat Kongres Biasa PSSI ditolak. Dari 18 peserta, klub berjuluk Kabau Sirah itu mengusulkan Liga 1 ditambah menjadi 20.

Alasan Rinold dengan mengusulkan 20 klub hanya untuk menggenapkan jumlah peserta yang saat ini ada 18.

“Spanyol dan Inggris saja jumlah peserta liganya 20. Kami bicara 20 tim, geografis itu bisa ditutupi meskipun oleh tim kecil. Liga Super bahkan pesertanya boleh 24 tim,” ujar Rinold.

Bukan saja masalah eksistensi berada di level elite Liga Indonesia, Semen Padang pun ingin tetap memberikan kontribusi pada Timnas Indonesia.

“Dalan kesempatan ini, kami mohon ke semua peserta, Ketum dan Exco (komite eksekutif), untuk penambahan tim Liga 1 jadi 20. Kami ingin bantu timnas dan bantu PSSI,” Rinold menambahkan.
Semen Padang ingin kompetisi Liga 1 2018 dilengkapi menjadi 20 klub seperti liga-liga top Eropa.Semen Padang ingin kompetisi Liga 1 2018 dilengkapi menjadi 20 klub seperti liga-liga top Eropa. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Menanggapi hal itu, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dengan tegas menyebutkan, jika untuk musim kompetisi Liga 1 2018 tidak akan mengalami perubahan. Kompetisi tetap akan digelar dengan jumlah peserta sebanyak 18 tim.

“Sudah diputuskan 2017 itu putaran klub Liga 1 degradasi tiga klub dan akan naik tiga klub dari Liga 2. Inilah kesepakatan itu, saat kongres ya ini keputusannya,” ucap Edy.

Hanya, Edy menyampaikan, jika ke depannya terjadi penambahan jumlah klub, maka akan dibarengi dengan besarnya pengeluaran.
Butuh kajian yang panjang untuk mengubah jumlah peserta kompetisi Liga 1 yang saat ini diisi 18 klub.Butuh kajian yang panjang untuk mengubah jumlah peserta kompetisi Liga 1 yang saat ini diisi 18 klub. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
“Persebaya, PSMS, dan PSIS, kalau dibikin 20 tim kan tidak baik itu. Tapi kalu mau di 2019 oke, kami kaji sebulan ini. Nanti harus dipikir, paling tidak nambah Rp15 miliar ini kalau jadi 20 klub,” Edy menjelaskan.

Seperti diketahui, Semen Padang merupakan satu dari tiga klub yang mengalami degradasi musim lalu. Semen Pasang finis di urutan 16 dengan raihan 35 poin.

Selain Semen Padang, Persiba Balikpapan dan Gresik United juga menjadi tim yang tersingkir dari Liga 1 di musim 2018. (sry)