Wenger Tak Paham Banyak Pemain Cabut dari Arsenal

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 09:46 WIB
Wenger Tak Paham Banyak Pemain Cabut dari Arsenal Alexis Sanchez menjadi pemain yang berada di ambang masa perpisahan dengan Arsene Wenger di Arsenal. (REUTERS/Andrew Yates)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih gaek yang menangani Arsenal, Arsene Wenger, telah menjadi juru latih The Gunners 1996. Selepas pindah dari Nagoya Grampus Eight, sang profesor memulai karier di Stadion Highbury dan kemudian melanjutkan era kepelatihannya ketika Arsenal pindah kandang ke Stadion Emirates.

Selama 21 tahun, selain kepindahan markas tim asuhan, Wenger juga berurusan dengan kepindahan pemain-pemain. Termasuk para pemain bintang macam Marc Overmars, Emmanuel Petit, Giovanni van Bronckhorst, Patrick Vieira, Cesc Fabregas, Thierry Henry, Samir Nasri dan Robin van Persie.

Musim ini, Wenger berhadapan dengan masalah serupa menjelang kepindahan Alexis Sanchez ke Manchester United.

Pengalaman Wenger membuatnya belajar mengenai motivasi para pesepakbola berpindah klub, termasuk alasan dibalik minat Sanchez bergabung ke MU.
Arsene Wenger berpengalaman 30 tahun dalam bursa transfer pemain.Arsene Wenger berpengalaman 30 tahun dalam bursa transfer pemain. (Reuters / Darren Staples)
"Saya tidak mengerti pemain-pemain yang ingin meninggalkan Arsenal. Tapi dalam 30 tahun melakukan transfer, Anda mempelajari banyak hal soal manusia," ujar Wenger seperti dilansir Telegraph.

"Sebagai sosok profesional, itu mungkin kontrak terakhirnya [Sanchez] di level teratas dan sebuah kontrak yang penting," sambungnya mengenai transfer yang juga melibatkan Henrikh Mkhitaryan dari MU ke Arsenal.

Wenger merasa manajemen klub telah melakukan yang terbaik untuk menahan Sanchez hengkang, namun kemudian pelatih 68 tahun itu dapat menerima keputusan sang pemain yang ingin menanggalkan kostum klub asal ibu kota Inggris tersebut.
Arsene Wenger dihadapkan pada transfer pemain kelas dunia lain menjelang kepindahan Alexis Sanchez ke MU.Arsene Wenger dihadapkan pada transfer pemain kelas dunia lain menjelang kepindahan Alexis Sanchez ke MU. (Reuters / Dylan Martinez)
Mengantisipasi hengkangnya pemain timnas Chile, Wenger mulai mencari cara agar skuatnya tetap memiliki kedalaman dengan menyiapkan proposal pendatangan pemain baru.

"Kami harus mencari solusi terbaik dari kehilangan salah satu pemain kelas dunia, saya tidak menampiknya, tapi kami tidak akan melepasnya tanpa mendapatkan pemain lain. Masa depan akan menunjukkan apakah ini merupakan keputusan yang tepat atau tidak," terang Wenger.

"Ini bukan hanya masalah kehilangan pemain, kami juga mampu mendatangkan pemain dengan baik. Kami masih aktif di bursa transfer dan berusaha untuk mendatangkan pemain," tukasnya. (nva)