Wawancara Eksklusif

CEO Sepang: Indonesia Butuh Dukungan Pemerintah Gelar MotoGP

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 18/03/2018 16:28 WIB
CEO Sepang: Indonesia Butuh Dukungan Pemerintah Gelar MotoGP Hafizh Syahrin (kanan) akan mencetak sejarah di MotoGP Qatar malam ini. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Sirkuit Internasional Sepang [SIC], Razlan Razali, mengungkapkan syarat agar Indonesia bisa menggelar balapan MotoGP. Kepada CNNIndonesia.com, Razali juga berbicara mengenai pebalap Hafizh Syahrin yang akan mencetak sejarah pada balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (18/3).

Hafizh akan menjalani debut di MotoGP pada balapan MotoGP Qatar malam ini. Hafizh akan menciptakan sejarah sebagai pebalap pertama asal Asia Tenggara yang tampil pada balapan MotoGP.

Dalam wawancara eksklusif dengan CNNIndonesia.com, Razali berbicara soal target dan beban yang dihadapi Syahrin. Razali juga mengomentari keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Berikut ini wawancara eksklusif CNNIndonesia.com dengan Razali:


Bisakah Anda jelaskan bagaimana proses kepindahan Hafizh Syahrin ke Yamaha Tech3. Bos Tech3 Herve Poncharal mengatakan Anda punya peran penting dalam kepindahan Syahrin?

Kami berdua memiliki peran penting untuk kepindahan mengejutkan Hafizh ke MotoGP. Kepindahan ini berisiko bagi kami berdua, tapi lebih penting karena Hafizh membuat kesan positif saat tes di Buriram dan Qatar.

Hafizh Syahrin dipercaya Tech3 Yamaha sebagai pengganti Jonas Folger di MotoGP 2018.Hafizh Syahrin dipercaya Tech3 Yamaha sebagai pengganti Jonas Folger di MotoGP 2018. (AFP PHOTO / Toshifumi KITAMURA)
Kami hanya bisa berencana atas nama dia, dan pada akhirnya adalah Hafizh yang harus bekerja keras dengan menunggangi sepeda motor MotoGP. Hafizh juga memiliki keberuntungan karena berada di posisi dan waktu yang tepat untuk mendapat kesempatan sekali hidup.

Apa target Sirkuit Internasional Sepang [SIC] untuk Hafizh Syahrin di MotoGP?

Tidak ada harapan besar untuk Hafizh. Kami hanya ingin dia menikmati momen ini, belajar, dan memperbaiki catatan waktunya. Lebih dari itu hanyalah bonus, seperti mendapatkan poin. Menjadi rookie, kami ingin dia bersaing dengan rookie terbaik dan tiga besar rookie musim ini.

Bagaimana masyarakat Malaysia bereaksi melihat Hafizh Syahrin memperkuat tim MotoGP?

Sangat antusias dan bangga. Jelas penggemar MotoGP, baik lokal dan internasional, sangat antusias dan memberi Hafizh dukungan luar biasa. Menjadi pebalap pertama asal Malaysia dan Asia Tenggara, atau pebalap non-Jepang di kelas primer adalah momen bersejarah bagi seluruh masyarakat Malaysia. Momen ini juga membangkitkan momen kesatuan dan patriotisme masyarakat Malaysia.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming MotoGP Qatar 2018

Malaysia semakin superior di dunia MotoGP pada kawasan Asia Tenggara. Apakah Anda punya saran untuk MotoGP yang hingga kini belum mampu menjadi tuan rumah MotoGP?

Malaysia dan Indonesia sangat mirip. Ada ketertarikan dan talenta pebalap roda dua yang luar biasa di kedua negara. Jelas populasi Indonesia lebih besar. Lebih lanjut, pasar sepeda motor khususnya skuter sangat besar.

CEO Sirkuit Internasional Sepang Dato Razlan Razali.CEO Sirkuit Internasional Sepang Dato Razlan Razali. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)
Yang berbeda mungkin Malaysia mendapat dukungan luar biasa dari Pemerintah Malaysia sejak 1996, ketika Perdana Menteri kami ingin menggelar Formula One untuk mempromosikan negara hingga akhirnya dibangunnya Sirkuit Sepang. Dukungan itu berlanjut hingga sekarang. Jangan dilupakan juga kalau Malaysia sudah menggelar MotoGP sejak 1991. Untuk itu, bagi Malaysia, dukungan pemerintah sangat penting. Jika tidak, maka akan sulit.

Apakah efek kepindahan Hafizh Syahrin ke MotoGP bagi dunia balap motor Malaysia?

Efeknya luar biasa di semua area, mulai dari Hafizh menjadi mentor untuk anak-anak, hingga melihat impian menjadi pebalap MotoGP adalah sebuah realitas. Banyak perusahaan-perusahaan yang ingin berhubungan dengan Hafizh.

Baca Juga: Valentino Rossi Kecewa Start Posisi Delapan di MotoGP Qatar

Apakah Hafizh Syahrin merasakan tekanan, terutama mendapat tekanan dari masyarakat Malaysia untuk meraih hasil bagus di MotoGP?

Tekanan sudah ada sejak dia menjalani tes di Buriram. Mulai dari situ dia semakin nyaman dengan sepeda motor dan meraih hasil bagus di tes Qatar. Dia menikmati pengalaman ini dan kondisi itu membuat tekanannya berkurang. Tapi, saya yakin seri pertama bisa membuatnya gugup dan saya percaya dia mampu mengatasinya.

Hafizh Syahrin akan menjadi rekan setim Johann Zarco di Tech3 Yamaha.Hafizh Syahrin akan menjadi rekan setim Johann Zarco di Tech3 Yamaha. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Atlet selalu merasakan tekanan, terutama ketika mereka tidak tampil sesuai harapan. Itu hal yang biasa. Di musim pertamanya, kami tidak berharap Hafizh naik podium. Hal itu bisa terjadi di masa depan.

Apakah Hafizh Syahrin kini menjadi atlet paling terkenal di Malaysia, melewati ketenaran atlet seperti Lee Chong Wei?

Belum. Sekarang dia popular, tapi untuk dibandingkan dengan Lee Chong Wei dalam hal pencapaian, belum dan tidak bisa dibandingkan. Lee Chong Wei adalah legenda hidup. (har/ptr)