Liga Champions Pakai Empat Pergantian Pemain Musim Depan

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 28/03/2018 14:07 WIB
Liga Champions Pakai Empat Pergantian Pemain Musim Depan Liga Champions akan memiliki sejumlah regulasi baru untuk musim 2018/2019. (Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Evolusi regulasi kompetisi sepak bola Eropa, Liga ChampionsLiga Europa dan Piala Super Eropa, akan diterapkan musim 2018/2019. Salah satunya akan ada empat pergantian pemain mulai musim depan.

Konfederasi Sepak Bola Eropa [UEFA] melalui situs resmi organisasi, Selasa (27/3), memastikan regulasi baru diterapkan musim depan menyusul rapat Komite Eksekutif UEFA pada Februari 2018 dan rapat Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional [IFAB] pada awal Maret 2018.

Salah satu perubahan regulasi yang signifikan adalah ada empat pergantian pemain untuk musim depan di Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Super Eropa. Pergantian pemain keempat itu hanya berlaku di babak tambahan fase knock-out.


"Mulai musim 2018/2019, pergantian pemain keempat bisa dilakukan di pertandingan knock-out eksklusif hanya untuk babak tambahan. Penambahan pergantian pemain itu tidak mempengaruhi pergantian tiga pemain lainnya," demikian pernyataan resmi UEFA.

Perempat final Liga Champions akan berlangsung pekan depan.Perempat final Liga Champions akan berlangsung pekan depan. (REUTERS/Stringer)
Selanjutnya UEFA menerangkan khusus untuk final Liga Champions, final Liga Eropa, dan Piala Super Eropa, masing-masing klub boleh mendaftarkan 23 pemain dari sebelumnya 18 pemain. Dengan begitu, maka 12 pemain [sebelumnya tujuh pemain] diperkenankan duduk di bangku cadangan.

"Hal ini untuk memberikan keleluasaan bagi klub dan pelatih untuk melakukan pergantian pemain dan memfasilitasi manajemen skuat mereka untuk pertandingan terpenting dalam musim," demikian pernyataan resmi UEFA.

Real Madrid merupakan juara bertahan Liga Champions.Real Madrid merupakan juara bertahan Liga Champions. (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)
Selain itu UEFA juga merilis jadwal kick-off yang baru untuk pertandingan Liga Champions dan Liga Eropa. Pertandingan Liga Champions dalam babak play-off, penyisihan grup, 16 besar, perempat final, semi final, dan final, akan dimulai pada pukul 21.00 waktu setempat. Namun, untuk fase grup akan ada dua pertandingan di setiap Selasa dan Rabu yang digelar pada 18.55 waktu setempat.

Sementara untuk pertandingan Liga Europa dari babak penyisihan grup sampai 16 besar, pertandingan akan dimulai pada pukul 18.55 dan 21.00 waktu setempat. Pilihan waktu kick-off di setiap pertandingan itu ditentukan dari undian.

Sedangkan untuk Piala Super Eropa, pertandingan akan dimulai pada 21.00 waktu setempat. Keputusan ini sudah berlaku untuk Piala Super 2018 yang akan dihelat pada 15 Agustus di Stadion Lillekula Tallinn di Estonia. (har/bac)