Penalti Lucu Karena VAR di Laga Mainz vs Freiburg

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 03:45 WIB
Penalti Lucu Karena VAR di Laga Mainz vs Freiburg Protes mewarnai penalti kontroversial di laga Mainz vs Freiburg. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penerapan teknologi VAR [Video Assistant Referee] di dunia sepak bola menimbulkan adegan lucu di laga Mainz lawan Freiburg dalam lanjutan Bundesliga 2018.

Duel Mainz lawan Freiburg ini merupakan duel dua tim yang berjuang menghindari degradasi. Namun laga ini diwarnai kejadian kontroversial di pengujung babak pertama.

Dalam serangan terakhir Mainz di babak pertama, wasit Guido Winkmann tidak melihat ada pelanggaran apapun yang terjadi saat tendangan pemain Mainz, Daniel Brosinski dibendung oleh Marc-Oliver Kempf dan ia pun langsung meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.


Setelah pemain berjalan menuju ruang ganti, Winkmann kemudian melihat tayangan ulang lewat VAR dan memutuskan Mainz mendapatkan penalti karena Kempf melakukan handball di kotak terlarang.

Wasit Guido Winkmann memberikan penalti saat para pemain sudah menuju ruang ganti.Wasit Guido Winkmann memberikan penalti saat para pemain sudah menuju ruang ganti. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Winkmann lalu memanggil para pemain yang sudah masuk ke ruang ganti untuk kembali ke lapangan untuk menyelesaikan tendangan penalti. Pablo De Blasis yang bertugas menjadi eksekutor penalti mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Selepas penalti, pemain pun kembali ke ruang ganti.

Keputusan kontroversial wasit ini berbuah protes dari penonton yang melempar tisu toilet ke lapangan.

Mainz akhirnya berhasil menyelesaikan laga itu dengan kemenangan 2-0. De Blasis mencetak gol kedua memanfaatkan kesalahan kiper Freiburg, Alexander Schwolow.

Mainz meraih kemenangan penting atas Freiburg yang membuat mereka keluar dari zona degradasi.Mainz meraih kemenangan penting atas Freiburg yang membuat mereka keluar dari zona degradasi. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Drama zona degradasi bakal makin meramaikan kontroversi penalti di tengah jeda babak pertama duel Mainz lawan Freiburg.
Penalti Lucu Karena VAR di Laga Mainz vs Freiburg
Kemenangan Mainz atas Freiburg membuat Mainz kini naik ke posisi 15, menggusur Freiburg yang harus ada di zona degradasi. Kedua tim memiliki nilai sama namun Mainz berhak atas posisi yang lebih baik karena unggul dalam hal selisih gol. Bundesliga masih menyisakan empat pekan menuju akhir musim. (ptr)


BACA JUGA